Mogok Nasional Buruh, Toko-toko di Depok Pilih Tutup

Polisi mengawal aksi mogok nasional buruh di Depok, Jawa Barat.
Sumber :
  • Zahrul Darmawan

VIVA.co.id - Ribuan buruh di Depok, Jawa Barat, menggelar aksi turun ke jalan untuk menolak upah murah. Aksi mogok nasional itu dilakukan dengan konvoi dan mendatangi sejumlah perusahaan atau pabrik untuk menyampaikan aksi protes dan meminta buruh untuk ikut demonstrasi.

Alasan Delapan Tukang Becak Ingin Terobos Istana

Konvoi ini membuat Jalan Raya Bogor di kawasan Depok menuju Jakarta macet total. Iring-iringan massa buruh mencapai hingga 3 kilometer. Dari pantauan, aksi ribuan buruh ini mendapat kawalan ketat dari petugas Kepolisian.

Saat buruh melintasi pabrik-pabrik yang ada di sepanjang Jalan Raya Bogor, sejumlah pekerja tampak berdiri di depan pagar. Mereka menyampaikan dukungan pada sejumlah rekan seperjuangannya. Khawatir terjadi hal-hal yang tak diinginkan, sejumlah pusat perbelanjaan di kawasan Jalan Raya Bogor, Cimanggis, tutup.

Dekati Pagar Istana, Delapan Pengujuk Rasa Ditangkap

Kapolresta Depok Komisaris Besar Dwiyono bersama sejumlah personelnya yang mengawal aksi konvoi buruh terlihat turun langsung mengurai kemacetan.

Polisi meminta agar buruh mempercepat laju kendaraannya sehingga tidak membuat kemacetan makin panjang. Petugas terlihat berjalan kaki untuk mengawal massa buruh.       

Pegawai Eks Ditjen Postel Demo Tuntut Insentif di Istana

"Alhamdulillah aksi berjalan lancar, aman dan tetap kondusif," kata Kapolres sambil menyapa sejumlah buruh.

Dalam aksinya masa menuntut penghapusan PP Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan dan ingin dilaksanakan Perda No.10 Tahun 2014 tentang pekerja harian lepas.

Demo buruh tuntut dicabutnya PP Pengupahan

LBH Jakarta Tuding BAP Palsu Dibuat Bagi 26 Terdakwa Aktivis

Pengacara terdakwa menduga tidak ada pemeriksaan sebagai dasar BAP.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016