Dana Banjir Krusial, Kapolda Minta Pemda Siapkan Anggaran

Kapolda Launching Tim Pengamanan Car Free Day
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin
VIVA.co.id
Kerusakan di Daerah Aliran Sungai Kian Parah
- Kepala Polda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Tito Karnavian berharap pemerintah daerah di bawah wilayah hukumnya menyediakan dana khusus penanganan banjir. Sebagai timbal balik, pihak kepolisian akan menyediakan pasukan untuk membentuk satgas khusus.

"Saya minta leading sektornya adalah pemda. Kenapa? Karena ini butuh anggaran penanganan banjir. Saya harap Pemda DKI, Kabupaten Kota Bekasi, Depok, dan Tangerang menyiapkan anggaran khusus penanganan banjir," kata Tito usai apel persiapan siaga banjir di Lapangan Dirlantas Polda Metro Jaya, Jumat 27 November 2015.

Beberapa Ruas Jalan Jakarta Tergenang Air Usai Diguyur Hujan

Tito menyebut, nantinya satgas khusus tersebut gabungan dari polisi, TNI, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), pemda, dan masyarakat. Anggaran tersebut untuk mendukung operasional satgas.

"Kami punya kapal, perahu. Perahu ini kalau menggunakan minyak pasti perlu logistik minyak. Mengerahkan ribuan anggota pasti perlu makan," kata Tito.

Katulampa Siaga I, Jakarta Tak Akan Diterjang Banjir Besar

Belum lagi, Tito melanjutkan, masyarakat yang dibantu evakuasi oleh satgas juga membutuhkan makanan. Kondisi ini yang membuat anggaran pun jadi krusial.

"Saya mengharapkan sekali teman-teman Pemda DKI dan kotamadya, mereka menyiapkan anggaran membiayai satgas ini," kata Tito.

Tito menambahkan, dia belum mengetahui apakah sebelumnya sudah ada anggaran saat penanganan banjir di ibu kota. Karena, dia belum pernah menangani banjir di Jakarta.

"Saya tidak tahu. Saya belum mengalami itu. Beberapa pengalaman peristiwa kontijensi semua anggaran dikelola masing-masing," katanya.

Untuk itu, Tito sudah rapat koordinasi dengan instansi terkait untuk membahas permasalahan banjir dan anggarannya.

"Sudah, kemarin mulai rapat. Saya minta secepat mungkin. SOP sudah ada, posko sudah ada," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya