Kesiapan Polisi Hadapi Kendala Evakuasi Korban Banjir DKI

Tambora
Sumber :

VIVA.co.id - Kepolisian Daerah Metro Jaya menggelar apel kesiapan menghadapi banjir yang akan terjadi di DKI Jakarta. Apel tersebut juga merupakan langkah awal untuk membentuk Satuan Tugas Gabungan dalam rangka menangani berbagai permasalahan yang timbul ketika banjir.

Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi Tito Karnavian, mengatakan apel ini merupakan momentum untuk menyampaikan ke publik cara mengantisipasi banjir.

"Namun Satgasnya belum terbentuk. Kami buat secepatnya. Kalau bisa dalam dua minggu ini," ujar Tito usai menggelar apel di Lapangan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Jumat, 27 November 2015.

Tito mengungkapkan, apel hari ini juga merupakan peringatan kepada semua stakeholders untuk berpartisipasi menanggulangi terjadinya banjir, serta permasalahan yang ditimbulkan akibat banjir.

"Saya minta instansi yang terlibat antara lain Pemerintah Daerah DKI, Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja dan dari unsur militer," ujar Tito.

Beberapa Ruas Jalan Jakarta Tergenang Air Usai Diguyur Hujan


Tambora

Menanggapi perintah siaga itu, Kepolisian Sektor Tambora, Jakarta Barat pun langsung menggelar latihan bersama penanganan korban banjir.

Kali Angke akhirnya dipilih sebagai lokasi latihan. Kali ini dipilih karena merupakan salah satu dari sekian banyak kali besar di Jakarta yang kerap meluap dan menyebabkan banjir.

"Kami persiapkan diri bersama tiga pilar Kecamatan Tambora untuk mengantisipasi banjir musim hujan nanti," ujar Kapolsek Tambora, Kompol Wirdhanto Hadicaksono.

Dalam latihan penanganan korban banjir ini, petugas gabungan berlatih langsung bagaimana cara menyelamatkan warga yang terjebak banjir ataupun korban yang terbawa arus sungai saat banjir.

Perahu karet dikerahkan, empat petugas menjadi kru utama perahu karet itu mewakili satu regu penyelamat gabungan yang dibentuk. "Khususnya dalam mengevakuasi orang maupun barang di lokasi banjir," ujar Wirdhanto.

Setiap petugas penyelamat dipastikan bisa mengendalikan perahu karet di kondisi banjir berarus deras. Selain itu, mereka juga dilatih agar terampil membawa korban dari lokasi banjir ke posko siaga.

Berdasarkan data wilayah Kecamatan Tambora terdapat 3 titik lokasi banjir tahunan yaitu daerah Kelurahan Pekojan, Kelurahan Tambora dan Kelurahan Jembatan Lima. (ase)

Sungai Ciliwung

Kerusakan di Daerah Aliran Sungai Kian Parah

Banyak yang sudah alih fungsi lahan.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016