Demo Mahasiswa Papua Ricuh, Jalan di HI Macet Parah

Demo mahasiswa Papua ricuh
Sumber :
  • VIVA.co.id / Foe Peace

VIVA.co.id - Ratusan orang yang mengaku berasal dari Aliansi Mahasiswa Papua (AMP), Selasa, 1 Desember 2015 pagi, sekitar pukul 10.00 WIB terlihat berkumpul di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), tepatnya di depan gedung Deutsche Bank, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat.

Mereka turun ke jalan untuk merayakan ekspresi identitas Papua, yang jatuh tiap tanggal 1 Desember.

Dari pantauan VIVA.co.id, tepat di perempatan Jalan Imam Bonjol, jalan yang menuju ke arah Bundaran HI ditutup massa. Ini membuat kendaraan dari arah Jalan Diponegoro menuju Jalan Imam Bonjol yang ingin lurus melewati perempatan tersebut tidak bisa lewat dan diminta untuk belok ke arah Gedung Graha Mandiri.

Selain itu, sempat terlihat ada bentrok antara pihak kepolisian yang bertugas menjaga jalannya demonstrasi dengan para mahasiswa yang baru datang. Mobil demonstrasi mereka dilarang masuk menuju tempat orasi.

Beberapa Ruas Jalan Jakarta Tergenang Air Usai Diguyur Hujan

Padahal, kata mereka, sebelumnya mereka telah membuat kesepakatan dan diizinkan. Aksi tarik-menarik antara pihak polisi dan mahasiswa sempat terjadi manakala polisi meminta para mahasiswa turun dari atas mobil demonstrasi, namun mereka menolaknya.

"Kami ini mau bersuara. Kami ini bawa kertas, bukan bawa senjata," teriak salah satu mahasiswa yang tidak terima mobil demonstrasi mereka di geledah di lokasi.

Polisi sempat ingin menderek mobil mereka, namun karena keributan sempat terjadi, hal tersebut urung dilakukan.

Hingga saat ini, demonstrasi masih berlangsung. Mobil demonstrasi yang mereka bawa hingga saat ini belum bisa menembus barikade yang dibentuk oleh pihak kepolisian.

"Mereka ini selalu merayakan ekspresi identitas Papua tiap tanggal 1 Desember. Namun tahun ini, terlihat makin represif," kata tim pendamping AMP, Veronica Koman.

Hingga saat ini demonstrasi masih berlangsung. Akibat jalan yang ditutup, kemacetan terlihat terjadi di lokasi, meskipun tidak terlalu siginifikan.

Macet

Hujan Guyur Jakarta Malam Ini, Kemacetan di Mana-mana

Genangan air dan banjir juga terlihat. Semakin menyebabkan macet.

img_title
VIVA.co.id
29 Juli 2016