Ahok Ganti Seluruh Lampu Jakarta dengan LED

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama
Sumber :
  • Fajar GM - VIVA.co.id
VIVA.co.id
Pengganti Ahok Minta Demonstran Tak Terprovokasi
- Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), menargetkan penggunaan lampu LED berbasis komputerisasi di Jakarta pada tahun 2016. Hal ini bertujuan untuk menghemat anggaran pembayaran listrik.

Ini Lokasi Posko Makanan, Minuman dan Medis untuk Pendemo

"Tahun depan implementasinya dan seluruh Jakarta dipasang seperti itu," kata Ahok di Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Jakarta, Rabu 2 Desember 2015.
Kendaraan yang Lintasi Medan Merdeka Mulai Dialihkan


Ahok mengatakan bahwa anggaran pengadaan lampu LED itu sebesar Rp1,2 triliun. Proses penggantiannya makan waktu selama tiga tahun.


"Pergantian lampu bisa dimulai di Jakarta Pusat dan Jakarta Utara," kata dia.


Dia mengatakan bahwa selama ini, pemerintah daerah DKI Jakarta merogoh kocek sebesar Rp600 miliar per tahun untuk membayar tagihan listrik. Selama ini juga, PT Perusahaan Listrik Negara (Persero)/PLN menghitung setiap titik menggunakan meteran.


"Padahal, lampu modern sudah ada komputer yang kasih tahu titik mati dan hidup dan pakai berapa jam," kata dia.


Ahok pun ingin menggantinya dengan lampu LED dan sistemnya berbasis komputerisasi. Dengan begitu, pemerintah daerah ini bisa menghemat anggaran listrik sebesar Rp400 miliar per tahun.


"Kita harus buat MoU di mana hitung listrik DKI bukan pakai meteran, namun berdasarkan konsumsi yang tercatat di komputer itu," kata dia.


Ahok menargetkan penandatangan nota kesepahaman dengan PLN pada minggu ini. Isi nota kesepahaman itu adalah pergantian listrik dengan LED.


"MoU-nya dengan PLN kalau bisa minggu ini," kata dia.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya