Kondom Gratis untuk Nakhoda, ABK hingga PSK di Tanjung Priok

Aktivitas bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Tanjung Priok.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id - Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, punya cara tersendiri untuk meredam penyebaran virus mematikan HIV/ AIDS.

Otoritas pelabuhan internasional terbesar di Indonesia itu mengadakan tes HIV/ AIDS gratis untuk semua pelaku aktivitas di sana. Satu persatu, pelaku aktivitas pelabuhan seperti sopir truk, pekerja seks, tukang ojek hingga anak buah kapal dan nakhoda dilibatkan untuk menjalani pemeriksaan kesehatan itu.

"Kita mengundang 500 orang untuk tes gratis hari ini, ada ABK, nakhoda, sopir truk, tukang ojek dan PSK pelabuhan," ujar Dr Benget Turnip, Kamis 3 Desember 2015.

Tak hanya melakukan tes HIV/ AIDS, semua yang mengikuti pemeriksaan kesehatan itu juga mendapatkan alat kotrasepsi berupa kondom yang dibagikan secara gratis. Seorang pekerja pelabuhan yang tidak ingin disebutkan namanya, mengaku senang atas tes kesehatan dan pemberian kondom gratis itu.

"Ya lumayan lah bisa tahu status kita terinfeksi atau tidak. Cuma memang teman-teman masih banyak yang malu buat ikut, banyak yang belum mau ikut," ujar pria 42 tahun tersebut.

Terungkap Suvenir Pernikahan Rizky Febian dan Mahalini, Siapkan Ribuan Barang Mewah
Jajanan mirip Kondom

KPAI Minta Polisi Usut Kasus Jajanan Kemasan Karet Kondom

Harus dicari produsennya dan motifnya

img_title
VIVA.co.id
25 Januari 2016