Banyak Mahasiswa Hepatitis, IPB Tanggung Biaya Rumah Sakit

Hepatitis.
Sumber :
  • www.redorbit.com

VIVA.co.id - Institut Pertanian Bogor (IPB), Jawa Barat, terus melakukan berbagai upaya untuk mengatasi virus hepatitis A yang menyerang puluhan mahasiswanya tersebut.

Hepatitis A Mewabah di IPB, Ini Cara Cegah Penularannya

IPB telah telah membentuk tim kerja untuk penanggulangan penyebaran virus hepatitis A di lingkungan kampus. Di antaranya, tim mulai memberikan sosialisasi kepada mahasiswa Program Kompetensi Umum yang berada di asrama, Sabtu, 12 Desember 2015.

Selain itu, mahasiswa juga diberikan materi mengenai gizi berimbang, keamanan pangan, profil kantin IPB, serta tindakan pencegahan dan penanggulangan virus hepatitis.

Naufal, Dosen Departemen Gizi Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia IPB, mengatakan, virus hepatitis A sangat mudah menyebar, sehingga pencegahannya dengan memperhatikan kebersihan diri dan kebersihan makanan.

"Yang pertama adalah kebersihan diri, biasakan mencuci tangan memakai sabun dan menjaga kebersihan kamar mandi, kebersihan makanan. Bisa jadi mahasiswa yang terkena hepatitis A memakan makanan yang tidak bersih," paparnya.

Maka itu, kata dia, hal yang penting adalah pemulihan makanan yang bersih. "Virus akan mati di suhu lebih dari 85 derajat celcius, sehingga pilihlah makanan yang dimasak dengan matang dan disajikan tidak lama dari itu," kata Naufal.

Hingga kini, jumlah mahasiswa IPB yang menderita penyakit Hepatitis A berjumlah 28 orang. Atas peristiwa tersebut, IPB menyebut kasus ini sebagai kejadian luar biasa (KLB).

Pihak kampus IPB bersama Dinas Kesehatan Kota Bogor menyatakan bakal melakukan inspeksi terhadap sejumlah kantin yang berada di sekitar lokasi kampus yang berada di Dramaga, Bogor.

Berdasarkan informasi yang disampaikan Direktur Kemahasiswaan IPB, Sugeng Santoso, tiga mahasiswa sudah keluar dari rumah sakit, dan dua lainnya dirawat di rumah orangtuanya.

Banyak Mahasiswa Kena Hepatitis, Ini Langkah IPB

Sedangkan 23 mahasiswa lain, masih dirawat intensif di sejumlah rumah sakit. Pihak kampus juga menyatakan akan menanggung seluruh biaya perawatan para mahasiswanya yang terjangkit hepatitis A.

Meski penyakit ini terbilang tak membahayakan, namun penyebaran penyakit ini dianggap telah mengganggu aktivitas perkuliahan. (ase)

Hepatitis.

Ini Penyebab Mahasiswa IPB Diserang Virus Hepatitis

Bukan hanya disebabkan oleh sanitasi kampus yang minim.

img_title
VIVA.co.id
13 Desember 2015