Saat-saat Mengerikan Truk BBM Meledak & Terbakar di Bogor

Ledakan truk tangki pertamina
Sumber :

VIVA.co.id - Truk tangki pengangkut bahan bakar minyak (BBM) milik PT Pertamina masuk jurang, meledak dan terbakar hebat di ruas Jalan Raya Cigudeg, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Pengemudi truk dan kondekturnya tewas turut terbakar bersama badan truk BBM yang hangus di dasar jurang berkedalaman 15 meter.

Lina, salah seorang saksi yang rumahnya berdiri hanya beberapa meter dari tempat kejadian mengatakan, kecelakan itu terjadi sekitar pukul 09.00 WIB, 16 Desember 2015.

Wanita berusia 35 tahun itu menceritakan saat-saat terakhir mengerikan truk mengalami kecelakaan dan meledak hingga terbakar hebat.

Menurutnya, sebelum terjun bebas ke jurang, ia melihat truk melaju kencang dari arah Bogor menuju arah Jasinga.

Truk BBM Pertamina Meledak di Bogor, Dua Tewas Terbakar


Ledakan truk tangki pertamina


Tiba-tiba, saat melintas di lokasi, truk berisi ribuan liter BBM yang akan diangkut ke SPBU oleng dan tak lama kemudian menabrak tiang listrik dan besi pembatas jalan hingga akhirnya terjun ke jurang.

"Kami melihat mobil tank bbm itu yerlihat oleng, tidak lama kemudian mobil itu jatuh kejurang sedalam 15 meter," ujar Lina.

Menurut Lina, truk bernomor polisi B 9450 UEH terjun dalam posisi badan truk terguling. Hanya dalam hitungan detik, tiba-tiba saja terdengar suara ledakan keras dari tangki truk.

"Setelah jatuh, kami mendengar dua kali ledakan,"katanya.

Seketika itu juga kobaran api menyala sangat besar hingga asapnya yang berwarna hitam pekat dapat terlihat membumbung tinggi dari radius satu kilometer dari lokasi.

Lina mengatakan, saat itu, ia tidak tahu bagaiman kondisi sopir dan kondektur truk tangki. Ia baru tahu keduanya turut terbakar bersama truk setelah jasad keduanya dievakuasi polisi dari badan truk setelah kobaran api berhasil dipadamkan.

Truk Tangki Pertamina Meledak dan Terbakar Hebat di Bogor


Selanjutnya... Badan truk masih di dasar jurang...



Ledakan truk tangki pertamina

Menko Airlangga Bertemu Menlu Singapura, Optimis Kerja Sama Bilateral Kedua Negara Terjalin Kuat


Sementara itu Kapolsek Cigudeg Komisaris Polisi, Imam Sudarso mengatakan, sopir dan kondektur tewas di lokasi dengan kondisi mengenaskan.

Tubuh keduanya hangus terbakar dan telah dievakuasi dari dalam bangkai truk yang hangus terbakar.

Nyawa keduanya tidak bisa tertolong karena api begitu cepat membesar saat badan bus terjun bebas ke dalam jurang sedalam 15 meter di tepi jalan.

"Kami langsung membawa ke RSUD Ciawi, dan kecelakaan ini ditangani Lantas Polres Bogor,"kata Imam Sudarso, Rabu 16 Desember 2015.

Menurut Imam, truk tangki pengangkut BBM itu terjun ke jurang setelah sebelum sempat menabrak tiang listrik dan besi pembatas jalan.

Dari hasil penyelidikan sementara, truk tangki dengan nomor polisi B 9450 UEH terjun ke jurang karena dikemudikan dengan kecepatan tinggi.

"Sopir yang membawa truk BBM dengan kecepatan sangat tinggi, diduga tidak bisa mengendalikan kendaraannya tersebut, tangki langsung masuk jurang. Namun, sebelumnya menabrak tiang listrik,"kata Imam.

Hingga saat ini, bangkai truk masih berada di dasar jurang dalam kondisi sudah hangus terbakar. Tak hanya badan truk hanya hangus, ledakan dan kobaran api juga melumat pepohonan yang tumbuh di sekitar jurang.

Ledakan truk tangki pertamina

Pertamina Santuni Korban Ledakan Truk BBM di Bogor

Kecelakaan tersebut menewaskan dua orang.

img_title
VIVA.co.id
18 Desember 2015