Pekan Depan, Ratusan Sopir Kopaja Tidak Perlu Kejar Target

Kopaja AC
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id - Sebanyak 320 unit bus Kopaja berstandar TransJakarta direncanakan akan mulai dioperasikan pekan depan. Nantinya, bus-bus tersebut akan menjadi angkutan pengumpan untuk layanan bus TransJakarta.

Kepala Iqbal Pecah Ditabrak Kopaja Pengumpan TransJakarta

"Peluncuran resminya Selasa 22 Desember 2015," kata Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta, Andri Yansyah, di Gedung DPRD DKI Jakarta, Sabtu 19 Desember 2015.

Saat ini, Andri mengaku, belum dapat merinci rute-rute yang akan dilayani oleh bus tersebut. Namun, dia menyebut, bus-bus tersebut akan beroperasi di rute-rute yang bersinggungan dengan koridor 4 (Dukuh Atas-Pulogadung), 5 (Ancol-Kampung Melayu) dan 6 (Dukuh Atas-Ragunan).

Polsek Menteng Tangkap Tiga Pemalak di Bus

"Karena di ketiga rute itu penumpangnya banyak, tapi bus-busnya sudah banyak yang jelek," ujarnya.

Meluncurnya 320 bus Kopaja berstandar bus TransJakarta ini, lanjut Andri, merupakan kerjasama antara PT Transportasi Jakarta dan Koperasi Angkutan Jakarta.

Ahok Curigai Dirut TransJakarta Permainkan Rute Kopaja

"Tidak seperti bus-bus Kopaja reguler, Kopaja berstandar TransJakarta tidak akan menerapkan sistem setoran. Tapi, mendapatkan pembayaran rupiah per kilometer dari PT TransJakarta," jelasnya.

Dengan demikian, sopir bus akan mendapat gaji rutin bulanan, dan tidak perlu lagi dituntut untuk mengejar setoran.

"Jadi, bus tidak lagi mencari penumpang, tapi penumpang yang mencari bus. Ada atau tidak ada penumpang, pengemudi bus tetap akan menerima bayaran," kata Andri. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya