Ahok: Buat Saya, Hari Ibu Itu Setiap Hari

Gubernur DKI Jakarta dan Wakil Gubernur DKI
Sumber :
  • VIVA.co.id / Fajar GM

VIVA.co.id - Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, menceritakan penghormatannya yang begitu besar kepada sang ibu, Buniarti Ningsih.

Ahok, sapaan akrab Basuki mengatakan, ia tidak memerlukan hari spesial seperti Hari Ibu yang diperingati setiap tanggal 22 Desember untuk menunjukkan penghormatannya ke sang ibu yang telah melahirkannya 49 tahun lalu.

Ahok mengatakan, setiap hari ia selalu menjaga komunikasinya dengan sang ibu yang tinggal di kampung halamannya di Kabupaten Belitung Timur, provinsi Bangka Belitung.

"Tiap hari itu adalah hari ibu buat saya. Hari nenek juga," ujar Ahok di Lapangan Eks-IRTI Monas, Jakarta Pusat, Selasa, 22 Desember 2015.

Kendaraan yang Lintasi Medan Merdeka Mulai Dialihkan

Ahok baru saja selesai menjadi inspektur dalam Upacara Peringatan Hari Ibu yang dilaksanakan bersama jajaran Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemerintah Provinsi DKI. Ahok memperingati Hari Ibu bersama Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat. Mereka didampingi istrinya masing-masing, Veronica Tan, dan Happy Farida.

Dalam amanatnya, Ahok menyampaikan pencapaian bangsa Indonesia di usianya yang ke-70 tidak terlepas dari peranan perempuan yang turut berjuang meraih kemerdekaan, kemudian turut melakukan pembangunan.

"Banyak pencapaian dan kemajuan yang berhasil dicapai oleh perempuan Indonesia," ujar Ahok.

Meski demikian, Ahok mengatakan, data dari pemerintah menunjukkan bahwa 80 persen dari kaum ibu, perempuan, dan anak-anak, masih menjadi kalangan yang rentan terhadap kekerasan dan eksploitasi.

Maka dari itulah, Ahok menyampaikan, pada kesempatan Peringatan Hari Ibu ke-87 yang dilakukan pada tahun 2015, pemerintah mengambil tema 'Kesetaraan Perempuan dan Laki-Laki dalam Mewujudkan Lingkungan yang Kondusif untuk Perempuan dan Anak'.

Tema tersebut diambil selaras dengan arah kebijakan pembangunan dalam hal pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak yang tertera dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

"Tema tersebut diusung dalam rangka menciptakan public awareness, memberikan kesadaran kepada semua pemangku kepentingan yang terlibat, tentang urgensi untuk menciptakan lingkungan yang ramah terhadap anak dan perempuan, serta menyejajarkan peranan kaum perempuan dalam pembangunan," ujar Ahok.

Massa Demo dari Bekasi dan Tangerang Mulai Berdatangan
Posko logistik demo 4 November

Ini Lokasi Posko Makanan, Minuman dan Medis untuk Pendemo

Ada empat posko yang disiapkan.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016