Ahok: Metro Mini di Jakarta Seperti Zombie

Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id - Mogok beroperasinya metro mini ternyata tidak membuat simpati warga Jakarta. Tak hanya itu, Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, malah senang, metro mini tak lagi berkeliaran di jalanan Jakarta.

Kendaraan yang Lintasi Medan Merdeka Mulai Dialihkan

Menurutnya, pagi hari di beberapa jalan protokol yang biasanya kondisinya begitu macet, belakangan terlihat lebih lancar akibat ketiadaan metro mini. Ahok, sapaan akrab Basuki, setuju dengan pendapat banyak warga Jakarta yang mengapresiasi ketiadaan metro mini di jalanan Jakarta melalui akun media sosial mereka.

"Di Jakarta sebenarnya memang enggak boleh metro mini yang tua-tua, yang model zombie, masih ada di jalan," ujar Ahok di Lapangan eks IRTI Monas, Jakarta Pusat, Selasa, 22 Desember 2015.

Ahok merujuk kepada aturan yang tertera dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Transportasi. Perda tersebut mengatur kendaraan umum yang beroperasi di jalanan Jakarta tidak boleh memiliki usia di atas 10 tahun.

Sementara, Ahok mengatakan, dari 1.600 unit bus metro mini yang baru saja dikandangkan Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI, banyak dari bus sedang itu yang telah beroperasi puluhan tahun di jalanan Jakarta.

"Masa ada metro mini yang udah beroperasi dari zaman saya SMA, kuliah, sampai sekarang masih jalan?" ujar Ahok.

Sejumlah warga Jakarta pengguna media sosial mengapresiasi ketiadaan metro mini di jalanan Jakarta. Bisri Mustova melalui akun Twitternya, @masova, mencuitkan kondisi lalu lintas di Jalan Fatmawati yang biasanya begitu semrawut, terlihat lebih teratur saat metro mini mogok beroperasi pada Jumat, 18 Oktober 2015.

"Jalan Fatmawati terasa lebih tentram gini enggak ada penampakan metro mini," cuit Bisri.

Sutradara film Joko Anwar mencuitkan hal serupa melalui akun Twitter @jokoanwar.

"Metromini mogok massal, jalanan jadi agak lancar ya," cuitnya.

Sementara seorang pengguna bernama Daniel Giovanni, mengomentari cuitan akun resmi PT Transportasi Jakarta, @PT_TransJakarta, yang mengunggah sebuah foto yang memperlihatkan kondisi lalu lintas di kawasan Slipi Petamburan yang terlihat lancar dan lengang.

"Metromini masih mogok kah? Jalanan keliatannya jadi lebih manusiawi gini," cuitnya di akun Twitter @qronoz.

Aksi mogok massal pengemudi Metro Mini telah berlangsung sejak Jumat, 18 Desember 2015. Para pengemudi memprotes keputusan Dishubtrans DKI mengandangkan sebanyak 1.600 unit bus yang tidak layak jalan. Sejumlah pengemudi berhenti beroperasi karena ketakutan bus yang mereka kemudikan juga dikandangkan. (one)

Massa Demo dari Bekasi dan Tangerang Mulai Berdatangan
Posko logistik demo 4 November

Ini Lokasi Posko Makanan, Minuman dan Medis untuk Pendemo

Ada empat posko yang disiapkan.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016