Ahok: Tetangga Dekat Lebih Berguna daripada Saudara

Ahok resmikan RPTRA
Sumber :
  • VIVA.co.id / Fajar GM

VIVA.co.id - Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama meresmikan penggunaan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Pulogebang Indah, Cakung, Jakarta Timur, Rabu, 23 Desember 2015.

Ini Lokasi Posko Makanan, Minuman dan Medis untuk Pendemo

RPTRA yang terletak di dalam kompleks Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Pulogebang itu merupakan RPTRA pertama yang dibangun di dalam kompleks rumah susun.

Wali Kota Jakarta Timur, Bambang Musyawardana mengatakan, RPTRA Pulogebang Indah merupakan yang pertama yang diresmikan Ahok, sapaan akrab Basuki dalam kelanjutan tahap kedua pembangunan RPTRA oleh Pemerintah Provinsi DKI.

Kendaraan yang Lintasi Medan Merdeka Mulai Dialihkan

"Dalam tahap kedua pembangunan RPTRA, ada 10 RPTRA yang dibangun di kawasan Jakarta Timur. Sembilan lainnya insya Allah diselesaikan pada bulan Januari 2016, dan mohon perkenan bapak (Ahok) untuk turut juga meresmikan," ujar Bambang dalam sambutannya, Rabu, 23 Desember 2015.

Pembangunan dilakukan dengan memanfaatkan kewajiban Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan pengembang PT. Summarecon Agung.

Massa Demo dari Bekasi dan Tangerang Mulai Berdatangan

General Manager (GM) PT. Summarecon Agung Mursiono mengatakan, perusahaannya mendapat kehormatan karena dipercaya melakukan enam pembangunan RPTRA di seluruh Jakarta.

"Di Jakarta Timur kami membangun satu lagi RPTRA di Rusun Tipar Cakung. Di Jakarta Utara, kami sedang membangun tiga, dan di Jakarta Pusat, kami membangun satu," ujar Mursiono.

Sementara itu, Ahok berpesan agar RPTRA yang lokasinya tepat berada di tengah kompleks rusunawa, digunakan sebagai tempat berkumpul warga. Ahok mengatakan, dengan berkumpul, masyarakat bisa saling berbagi dan membantu bila mengetahui kesulitan tetangganya.

"Bila berkumpul, kesulitan tetangga, bapak dan ibu nanti bisa ketahui. Saya harap semua saling membantu. Bapak dan ibu harus baik sama tetangga-tetangga terdekat. Terkadang, tetangga yang dekat itu bisa lebih berguna daripada saudara yang jauh," ujar Ahok.

Turut hadir, Sekretaris Daerah DKI Saefullah, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPKB) DKI Dien Emmawati, Kepala Dinas Perumahan dan Gedung Pemda DKI Ika Lestari Adji, Ketua Tim Penggerak I PKK Veronica Tan, dan Ketua Tim Penggerak II PKK Happy Farida.

Peresmian dilakukan dengan pengguntingan pita yang dilakukan oleh Veronica dan Happy yang merupakan istri dari Ahok dan Wakil Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat.

Usai menyaksikan pengguntingan pita, Ahok menandatangani prasasti peresmian, menyaksikan pertandingan sepak bola di lapangan mini, serta berfoto bersama tim marching band dan paduan suara cilik dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang ada di dalam kompleks rusun.

RPTRA Pulogebang Indah dilengkapi beberapa fasilitas berupa taman, gazebo dan panggung tempat berkumpul, sarana-sarana bermain anak, aula serba guna, ruang pojok asi, Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu), dan perpustakaan gratis.

RPTRA Pulogebang Indah merupakan RPTRA kedelapan yang diresmikan pembangunannya sepanjang tahun 2015. Sebelumnya, Ahok, Djarot, Ketua TP I PKK, dan Ketua TP II PKK telah meresmikan tujuh RPTRA, yaitu RPTRA Kenanga, Cideng, Jakarta Pusat, RPTRA Bahari, Gandaria Selatan, Jakarta Selatan, RPTRA Kembangan, Jakarta Barat, RPTRA Sungai Bambu, Jakarta Utara, RPTRA Cililitan, Jakarta Timur, RPTRA Amiterdam, Pulau Untung Jawa, Kabupaten Seribu, dan RPTRA Sunter Jaya Berseri, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Pembangunan RPTRA merupakan salah satu program prioritas Pemerintah Provinsi DKI di tahun 2015. Pembangunan dilakukan untuk menyediakan tempat berkumpul bagi warga di lingkungannya masing-masing. Pembangunan dilakukan dengan memanfaatkan kewajiban CSR dari perusahaan-perusahaan swasta di Jakarta.

Selama tahun 2015, DKI menargetkan pembangunan sebanyak 63 RPTRA. Sementara untuk tahun 2016, DKI telah menganggarkan biaya pembebasan lahan dan pembangunan 150 RPTRA di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI 2016.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya