Jemaat Misa Natal Katedral Bisa Parkir di Istiqlal

Persiapan Natal Katedral
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Humas Panitia Natal 2015 Gereja Katedral Jakarta Erik Muliawan menyampaikan, untuk kenyamanan dan keamanan umat yang akan hadir pada perayaan Natal tahun 2015 yang digelar pada hari ini 25 Desember 2015, pihak gereja Katedral telah menyiapkan tiga kantung parkir.

Pasalnya, pada perayaan kali ini terbagi dalam tiga misa perayaan, yang pertama pada pukul 17.00 WIB, kedua pukul 19.30 WIB, dan pukul 22.00 WIB. Pihaknya mengantisipasi jemaat dari tiga bagian ibadah tersebut yang diperkirakan mencapai 10 ribu hingga 12 ribu orang.

"Tentunya salah satu yang kami antisipasi adalah parkir. Sudah disiapkan tiga kantong parkir yang ada di sekitar gereja," kata dia saat ditemui di gereja Katedral, Kamis, 24 Desember 2015.

Erik merincikan, untuk kantung parkir yang pertama berada di masjid Istiqlal yang lokasinya berada tepat di seberang gereja. Kemudian, di kantor pos, dan lokasi ke tiga di halaman parkir sekolah Santa Ursula. Untuk area parkir tersebut, pihaknya sudah mengajukan permohonan izin sejak jauh hari sebelumnya.

"Kami sudah minta izin dengan Markas Angkatan Darat yang ada di dekat gereja, termasuk di masjid Istiqlal yang hari ini ada perayaan besar Islam," tuturnya.

Selain itu, Erik menambahkan, untuk mengantisipasi besarnya jumlah umat, selain 900 tempat duduk di dalam gereja, disiapkan pula 500 kursi di aula, serta pemasangan tenda dan 2.500 kursi tambahan.

Untuk persiapan menyangkut aspek keamanan, seperti perayaan Natal pada tahun sebelumnya, persiapan Natal telah dikoordinasikan dengan pihak kepolisian.

Libur Natal & Tahun Baru, Penumpang KAI Naik 2,77 Persen

"Berdasarkan informasi awal yang kami terima dari pihak kepolisian, jumlah aparat yang akan disiagakan berjumlah 400 personel. Dari internal sendiri ada 100 personel. Jumlah personel ini dapat disesuaikan tergantung kondisi di lapangan," ucapnya.

Gereja Kathedral

Polisi: Perayaan Paskah di Gereja Jakarta Aman

Kepolisian koordinasi dengan petugas pengamanan dalam gereja.

img_title
VIVA.co.id
25 Maret 2016