Rekayasa Lalu Lintas di TMII Saat Malam Tahun Baru

Sopir taksi di tengah kemacetan lalu lintas Jakarta
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta

VIVA.co.id - Lalu lintas di tempat wisata seperti Taman Mini Indonesia Indah (TMII) diprediksi akan mengalami kemacetan pada malam pergantian tahun, Kamis, 31 Desember 2015.

Libur Natal & Tahun Baru, Penumpang KAI Naik 2,77 Persen

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Satuan Lalu Lintas Jakarta Timur telah bersiaga mengamankan arus lalu lintas. Salah satunya dengan melakukan rekayasa lalu lintas.

Kepala Satuan Lalu Lintas Wilayah Jakarta Timur Ajun Komisaris Besar Gunawan mengatakan rekayasa lalu lintas baru dilakukan apabila kondisi ruas jalan di sekitar TMII terjadi kepadatan luar biasa hingga menimbulkan kemacetan panjang.
Tak Ada Angkutan Massal Gratis Dinilai Picu Macet Tahun Baru

"Seandainya terjadi kepadatan luar biasa atau stagnan, nanti akan kami lakukan rekayasa lalu lintas," kata Gunawan.
Gelar Open House, Menteri Jonan Bernyanyi Diapit Biduan

Salah satu rencananya, bila terjadi kemacetan terjadi di pintu tiga keluar TMII, kendaraan dari trowongan akan diluruskan untuk memutar balik di Pasar Rebo.

"Kalau stagnya di lampu merah Garuda, kami arahkan ke pintu dua (TMII)," ujar Gunawan.

Gunawan mengatakan, khusus di Taman Mini, jumlah personel yang dikerahkan jajarannya yakni 70 sampai 80 orang.

"Jumlah ini disebar di titik-titik seperti traffic light (TL) Hek, TL Garuda, TL Keramik, Masjid Atin, Pintu I, II, dan II, Keong Mas TMII, dan TL Pintu III. Kalau untuk se-Jakarta Timur khusus lalu lintas ada 196 orang," jelas Gunawan.

Belajar dari pengalaman sebelumnya, kepadatan lalu lintas di sekitar TMII mulai terjadi pukul 21.00 WIB. Masyarakat diharapkan untuk tidak berhenti atau parkir-parkir di bahu jalan yang dapat menyebabkan kemacetan. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya