Ahok Protes Kapal Milik Dishubtrans Lambat

Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar
VIVA.co.id
Ini Lokasi Posko Makanan, Minuman dan Medis untuk Pendemo
- Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, protes kapal milik Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI begitu lambat membawa para pejabat Pemerintah Provinsi DKI, Polda Metro Jaya, dan Kodam Jaya menuju ke Pantai Karnaval, Ancol, Jakarta Utara, dari dermaga kafe Jet Ski, Pantai Mutiara.

Kendaraan yang Lintasi Medan Merdeka Mulai Dialihkan
Ahok, sapaan akrab Basuki, hendak mengikuti acara perayaan pergantian tahun di kawasan wisata yang dikelola oleh salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI, PT. Pembangunan Jaya Ancol, Tbk.

Massa Demo dari Bekasi dan Tangerang Mulai Berdatangan
"Ini kapal enggak bisa ngebut lagi ya," ujar Ahok di atas Kapal Dishubtrans yang tengah melaju di Teluk Jakarta, Kamis, 31 Desember 2015.

Ahok mempermasalahkan kapal Dishubtrans yang menurutnya diadakan dengan spesifikasi yang terlampau tinggi. Kapal memiliki spesifikasi untuk perjalanan jarak jauh sementara sehari-hari, hanya digunakan untuk keperluan transportasi jarak dekat.  "Dishub saya bilang, enggak boleh beli lagi kapal-kapal berat seperti ini," ujar Ahok. 

Ahok dan jajaran pejabat berangkat dari dermaga Kafe Jet Ski pada pukul 21.35 WIB. Kapal baru tiba di Dermaga Pantai Karnaval pada sekitar pukul 22.20 WIB. Ahok mengatakan perjalanan antar kedua dermaga seharusnya tak memakan waktu lebih dari 20 menit. Ahok terus mengeluhkan kecepatan kapal yang menurutnya terlalu lambat.

Ia berkelakar, kapal-kapal lambat seperti yang tengah dinaikinya, tengah digentayangi oleh 'hantu laut' menurut kepercayaan para nelayan di kampungnya di Kabupaten Belitung Timur. "Istilahnya di Belitung, ini kapal lagi dipegang hantu," ujar Ahok.

Ahok juga memprotes kondisi kapal yang menurutnya memiliki spesifikasi terlampau tinggi, tetapi tidak memiliki fitur penyeimbang. Ahok mengatakan, kapal serupa adalah kapal yang dinaiki para pejabat DKI bersama dirinya saat peresmian Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Amiterdam di kawasan Kepulauan Seribu beberapa waktu lalu.

Pada saat itu, banyak pejabat yang mual katena kapal bergoncang terlampau hebat saat menerjang ombak. "Pantas kemarin banyak pejabat mabuk kalau naik kapalnya seperti ini," ujar Ahok.

Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Andri Yansyah nampak mendengarkan dengan seksama kapal yang dikelola Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD)-nya diprotes kualitasnya oleh atasannya sendiri.

Saat ini Ahok telah tiba di Pantai Karnaval. Ia akan meresmikan lokasi wisata pantai baru 'Ancol Lagoon'. Setelah itu, Ahok direncanakan naik ke panggung acara Move On Party 2015 and Welcome Hope 2016 untuk menghitung mundur bersama pergantian tahun dari tahun 2015 ke 2016 di Waktu Indonesia Barat. (ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya