Polda Metro Siap Antisipasi Arus Balik Liburan Akhir Tahun

Ilustrasi macet di tol.
Sumber :
  • ANTARA/M.Ali Khumaini

VIVA.co.id - Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi Tito Karnavian memprediksi puncak arus balik liburan akhir tahun akan terjadi besok Minggu, 3 Januari 2016.

Lima Hal Positif Bisa Diambil Saat Macet

Oleh karena itu, Tito menghimbau warga yang akan kembali ke Ibu Kota Jakarta besok, sebaiknya mengurungkan niatnya karena dimungkinkan terjadi kemacetan di dalam tol.

"Bisa juga sebagiannya lagi setelah hari Minggu karena anak sekolah masih ada yang libur sehingga tak terjadi lonjakan arus di waktu dan lokasi yang sama," kata  Tito Karnavian, di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Sabtu, 2 Januari 2016.

Meski begitu, bagi warga yang tetap kembali ke Jakarta pada esok hari, personel Kepolisian sudah disiagakan di beberapa pintu tol Cikampek - Jakarta, serta kendaraan yang datang dari Cipularang  dan Ciawi, Bogor, Jawa Barat.

"Khusus dari Cikampek menuju Jakarta nanti akan terjadi yang namanya Contra Flow," ujarnya.

Kemudian, mantan Kepala Densus 88 Anti Teror Mabes Polri itu menuturkan, apabila di rest area terjadi penumpukan kendaraan, maka anggota kepolisian akan melakukan buku-tutup tempat peristirahatan yang ada di ruas tol.

"Seandainya di rest area nanti terlalu padat kita akan minta luruskan saja supaya masyarakat tidak ada parkir di bahu jalan. Itu hanya mempersempit dan bikin macet," ungkapnya.

Tak Ada Angkutan Massal Gratis Dinilai Picu Macet Tahun Baru
Sejumlah kendaraan bergerak padat merayap setelah keluar pintu tol Gadog, Bogor, Jawa Barat, Jumat (29/3/2013).

Polisi Antisipasi Kemacetan Lalu Lintas Jelang Libur Panjang

Kepolisian telah mempersiapkan pengaturan lalu lintas saat liburan

img_title
VIVA.co.id
24 Maret 2016