Usai Libur Panjang, Lalu Lintas Jakarta Masih Lancar

Lalu lintas Jakarta
Sumber :
  • Twitter @TMCPoldaMetro

VIVA.co.id - Kondisi arus lalu lintas di Ibu Kota hari ini tampak masih kondusif. Padahal hari ini merupakan hari pertama usai libur panjang Natal dan Tahun Baru 2016.

Juru Bicara Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Ipung Purnomo mengatakan, hari ini memang belum terjadi peningkatan kepadatan lalu lintas di Jakarta.

"Memang hari ini tidak ada terjadi kepadatan yang berarti di sepanjang jalan di Ibu Kota," kata Ipung ketika dihubungi VIVA.co.id, Senin, 4 Januari 2016.

Volume kendaraan di beberapa ruas jalan yang menuju Jakarta juga tidak terjadi kepadatan. "Masih kondusif dan lancar juga," ujarnya.

Ipung menyebutkan, kondisi lalu lintas di Jakarta masih belum padat karena masih banyak warga yang belum menjalani aktivitas seperti biasa.

"Mungkin masyarakat masih istirahat dan masih ambil libur hari ini," ujar Ipung.

Dia memperkirakan, Jakarta akan kembali 'normal' pada besok atau dua hari mendatang.

Lokasi Layanan SIM Keliling Hari Ini

Sementara itu, uji coba pengoperasian jalan layang  (fly over) Kuningan berdampak baik pada arus lalu lintas di persimpangan Kuningan, yang selama ini menjadi titik kemacetan.

"Uji coba fly over Kuningan efektif sudah berjalan tiga hari," ucap Kepala Subdit Penegakan Hukum (Gakkum) Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Budiyanto, Senin, 4 Januari 2016. 

"Dari hasil pantauan di lapangan selama uji coba berjalan, ada perbedaan kinerja lalu lintas dan bangkitan serta tarikan lalu lintas, terutama arus lalu lintas yang datang dari Timur -Barat Gatot Subroto (Cawang-Semanggi)," Budiyanto menambahkan.

Situasi seperti ini, kata Budiyanto, akan berdampak pada kamseltibcar lantas (keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas) secara umum.

"Khususnya di simpang Kuningan, sebagai simpang strategis yang menghubungkan ruang lalu lintas Barat-Timur dan Utara-Selatan yang berdampak pada perubahan situasi yang lebih baik,"  ujarnya.

Budiyanto menjelaskan, adanya fly over Kuningan membuat kinerja lalu lintas pada simpang Kuningan menjadi lebih baik.

"Bangkitan dan tarikan lalu lintas dan angkutan jalan, terutama dari arah timur ke barat ada peningkatan," ujarnya.

Adanya fly over Kuningan juga mengurangi tindak pidana pelanggaran lalu lintas dan angkutan jalan, serta kemacetan pada Simpang Kuningan.

"Ruang lalu lintas dan angkutan jalan atau kapasitas jalan bisa dimaksimalkan dan meningkatnya daya tempuh kendaraan," katanya.

Selain itu, adanya fly over Kuningan mengurangi titik crossing pada simpang Kuningan tersebut.

"Situasi seperti ini tentunya sebagai momentum dalam rangka peningkatan pelayanan Ditlantas Polda Metro Jaya di bidang Kamseltibcar lantas, baik dalam aspek pre-emtif, preventif dan penegakan hukum," kata Budiyanto.

Tol Dalam Kota 4 November 2016

Demo 4 November, Tol Dalam Kota Kosong

Ini terlihat seperti hari libur besar.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016