Setelah Kampung Pulo, DKI Bakal Gusur Bukit Duri

Persiapan Pemasangan Turap Kali Ciliwung di Kampung Pulo
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id - Warga Bukit Duri, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan yang akan terkena dampak proyek normalisasi Kali Ciliwung, telah diberi surat imbauan dari pihak kecamatan untuk membongkar sendiri rumahnya.

Hujan Lebat, Kampung Pulo Tak Banjir

Dalam surat tersebut, warga diimbau segera membongkar bangunan dengan batas waktu 1x24 jam terhitung sejak Senin, 4 Januari 2016 kemarin.

Tercatat ada 97 keluarga di RT 11, 12, dan 15 di wilayah RW 10 yang terdampak proyek normalisasi ini. Meski sebagian besar warga telah pindah ke rusun, namun masih ada sekitar 13 keluarga yang memilih bertahan. Mereka menuntut pada Pemprov DKI Jakarta untuk memberikan ganti rugi berupa uang.

Surat imbauan tersebut dinilai sewenang-wenang oleh warga. Mereka pun berencana mengajukan gugatan di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) pada hari ini Selasa, 5 Januari 2016.

Kuasa hukum warga dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta, Oky, mengatakan, warga Bukit Duri akan mengajukan gugatan ke PTUN siang ini. Objek gugatan tersebut berupa surat imbauan dari pihak kecamatan yang diberikan pada warga Senin kemarin.

"Kita memang gerak cepat, hari ini langsung mengajukan gugatan ke PTUN. Warga tidak terima karena belum ada persetujuan ganti rugi tapi sudah diminta untuk membongkar," ujar Oky saat dikonfirmasi.

Bahkan, menurutnya, warga yang saat ini tinggal di rusun sebenarnya juga terpaksa pindah karena tak punya pilihan lain. Oky juga mengatakan, 13 keluarga yang masih bertahan yang akan turut mengajukan gugatan ke PTUN.

"Jangan sampai ada warga yang dirugikan. Kita akan terus bantu warga agar tetap mendapatkan haknya," ucap Oky.

Sementara, Sekretaris RT 15 Bukit Duri, Suryadi mengaku, sosialisasi pada warga Bukit Duri telah dilakukan sejak lama. Ia pun tak membantah masih ada warga yang mencoba bertahan.

Dipukuli Polisi, Anggota LBH Jakarta Lapor ke Polda

"Sudah ada yang pindah dan bongkar sendiri rumahnya. Tapi masih ada juga yang bertahan. Pengennya dapat ganti, tinggal di sini kan sudah bertahun-tahun gitu. Masa disuruh bongkar aja tanpa ganti rugi," kata dia.

(mus)

Akhirnya Ahok Berhasil Hancurkan 97 Rumah di Bukit Duri

Ciliwung Dinormalisasi, Kampung Pulo Masih Kebanjiran

Wilayah ini dilanda hujan semalaman.

img_title
VIVA.co.id
2 Februari 2016