Dinilai Lamban, Kosasih Dicopot Ahok

Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id - Pengalaman Budi Kaliwono memimpin sejumlah perusahaan menjadi alasan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok tertarik mengangkatnya menjadi Direktur Utama (Dirut) PT.Transportasi Jakarta (TransJakarta) menggantikan Antonius Kosasih.

"Menurut saya, gini aja logikanya, kamu tahu Cipaganti. Cipaganti itu banyak masalahnya, lalu mereka musti cari CEO yang bisa nanganin alat berat, nanganin mobil, bengkel, nah waktu itu, dia pilih Budi. Budi baru masuk Juli 2015. Dia masuk dari investor asing ini, karena bangkrut Cipaganti, itu memilih dia, karena dia pengalaman di finance, macam-macam, termasuk otomotif. Makanya saya pilih dia," ujarnya di Balai Kota DKI, Kamis, 7 Januari 2016.

Final Piala Bhayangkara, TransJakarta Siapkan 60 Bus Gandeng

Sejumlah pertimbangan itu membuat Ahok merasa tak perlu lagi melakukan seleksi kepada pengganti Kosasih. "Logika saya sederhana, orang asing saja membajak dia, dia kerja di CT juga selama 4 tahun. Jadi, ini berarti profesional nih, sampai perusahaan asing membajak Budi. Maka itu, aku coba ajak dia balik," katanya.

Kata Ahok, dia juga senang ketika bertanya pada Budi apakah akan tetap kerja secara profesional apabila nanti Ahok sudah tak menjabat lagi sebagai Gubernur DKI Jakarta. "Saya tanya kamu takut gak kalau aku gak jadi Gubernur lagi? Kata dia, enggak Pak, kita mah profesional Pak kalau kerja, baik dimana juga orang akan memperkerjakan saya. Itu saya wawancara langsung," kata Ahok.

Namun, Ahok tak menganggap bahwa Budi lebih baik dari Kosasih. "Enggak, Kosasih bukan jelek ya, tapi dia lamban. Masa dua tahun bus enggak jadi-jadi dibeli, aku juga kan jadi senewen juga."

Kepala Badan Penanaman Modal DKI Jakarta, Catur Laswanto, punya pendapat yang tidak jauh berbeda dengan Ahok. Budi dianggap orang yang profesional. Pengalaman Budi memimpin perusahaan sebelumnya akan sangat berguna untuk mengelola PT Transjakarta dengan baik. Dengan pengalamannya, Budi juga diharapkan akan mempercepat pembelian armada-armada baru.

Halte TransJakarta Dukuh Atas Arah Blok M Ditutup Sementara

"Kita pelajari track recordnya. Beliau sudah pernah bekerja di bidang transportasi, selain itu beliau juga pernah bekerja di bidang keuangan."

(mus)

Tak Mau Gabung ke TransJakarta, Metromini Berisiko 'Mati'
 Bus Transjakarta

Imbas Demo 4 November, TransJakarta Perpendek Rute

Banyak yang berharap demo ini berjalan damai.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016