Polisi Legalkan Balap Liar di Jakarta

Ilustrasi/Aksi balap liar.
Sumber :
  • Capture Youtube.

VIVA.co.id - Aksi balap liar makin meresahkan di Jakarta. Setiap pekan, aksi ini terjadi di mana-mana. Kini muncul rencana dari polisi mewadahi balap liar.

Malaysia Legalkan Balapan Jalanan

Pemberian wadah balap liar tersebut, nantinya para pebalap liar akan diarahkan untuk mengikuti kegiatan balap jalanan yang dibuat organisasi tersebut.

Rapat pembentukan wadah balap liar di jajaran Polda Metro Jaya pun dilakukan, Selasa 12 Januari 2016.

Rapat dipimpin Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Risyapudin Nursin. Dalam rapat tersebut, utusan dari instansi lain pun datang. Seperti dari Kesbangpol, Dinas Olahraga dan Pemuda, Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Ikatan Motor Indonesia (IMI), Dinas Perhubungan DKI Jakarta, dan beberapa lainnya.

Hasil rapat, para peserta setuju, kemudian menjadikan Gubernur DKI Jakarta, Kapolda Metro Jaya, Pangdam Jaya, serta Ketua DPRD DKI Jakarta menjadi pelindung dalam struktur organisasi kepengurusan balap kendaraan bermotor di wilayah DKI Jakarta.

Sedangkan Ketua Organisasi dipilih Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Risyapuddin Nursin. Lalu Kepala Badan Kesbangpol DKI Jakarta sebagai wakil ketua.

Jabatan sekretaris diberikan kepada Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda DKI Jakarta. Posisi bendahara diserahkan kepada Ketua IMI DKI Jakarta.

Kemudian seluruh peserta rapat juga sepakat penyelenggaraan tak memakai dana pemerintah dan polisi. Tapi akan digunakan dana dari sponsor.

Tugas pencarian dana diberikan pada Kepala Bidang Olahraga Ikatan Motor Indonesia (IMI) DKI Jakarta. Makanya, hal ini akan dijadikan seperti event.

Risyapuddin mengatakan, untuk lokasi balap, nantinya akan dipakai lokasi-lokasi yang kini kerap dipakai pemuda Jakarta melakukan balap liar.

"Untuk Jakarta Pusat akan digunakan lokasi balap liar di Jalan Asia-Afrika ataupun di kawasan Monas dan Lapangan Banteng," kata Risyapudin kepada wartawan di Gedung TMC Polda Metro Jaya. Selasa 12 Januari 2016.

Kemudian, di wilayah Jakarta Utara akan dipakai lokasi balap liar di Kemayoran atau Jalan Benyami Sueb.

Sedangkan di Jakarta Timur akan digunakan lokasi Taman Mini yang kini kerap jadi tempat balap liar.

Lebih lanjut, Risyapuddin mengatakan, nanti cara ini diharapkan akan menjadi wadah para pebalap liar untuk beraksi dan akan diajarkan cara balapan yang benar oleh para ahli.

(mus)

Anggota DPRD DKI: Pelegalan Balap Liar Tak Tepat
Kecelakaan tunggal mobil pikap di Jalan Baru, kawasan Bojonggede, Bogor perbatasan Depok, Jawa Barat, pada Minggu dini hari, 27 Maret 2016.

Seorang Tewas Saat Balapan Liar Mobil Pikap

Polisi belum mengetahui identitas korban.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2016