Heroik, Penerjun Tersangkut di Atap SUGBK Diselamatkan

Penerjun TNI tersangkut dalam pembukaan final Piala Jenderal Sudirman.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Guma

VIVA.co.id - Seorang penerjun yang beraksi diĀ  dalam final Sudirman Cup, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta, Minggu 24 Januari 2016, mengalami insiden.

Proyek Asian Games, Renovasi Stadion GBK Butuh Rp2 Triliun

Dia tersangkut di atas atap stadion utama saat atraksi terjun payung. Setelah menggelantung selama 30 menit, penerjun itu bisa diselamatkan.

Kejadian bermula saat grup band Noah menyanyikan lagunya. Lalu, diiringi dengan turunnya sejumlah penerjun yang membawa bendera masing-masing klub peserta Piala Sudirman.

Beberapa bendera dari angkatan di TNI juga dibawakan oleh sejumlah penerjun. Mereka berhasil mendarat mulus di tengah-tengah lapangan stadion utama GBK. Namun, setelah penerjun ke-8 turun, aksinya tidak sempurna. Sehingga, dia tersangkut dan bergelantungan di atap SUGBK.

Puluhan ribu penonton yang sudah memasuki stadion sejak sore, langsung berteriak histeris. Melihat penerjun itu yang hampir terjatuh dan hanya mengandalkan seutas tali yang tersangkut.

Tampak terlihat penerjun itu melepas parasutnya, untuk mengurangi beban agar tali tersebut tidak terputus.

Penonton terus berteriak, meminta agar sang penerjun bertahan. Sejumlah panitia dan aparat TNI juga terlihat sibuk mencari cara penyelamatan. Sempat dicoba, dengan membentangkan kain di bawah agar penerjun bisa langsung terjatuh. Namun terlihat riskan, mengingat posisi yang berada persis di atas pagar.

Penonton yang menyaksikan dan awalnya tertuju pada grup Slank yang baru masuk, berteriak meminta musik dihentikan sementara, walau akhirnya Slank tetap menyanyikan lagu itu.

Sekitar 30 menit, penerjun itu bertahan bergelantungan di atas. Hingga akhirnya, penyelamatan oleh tim dilakukan dengan menaiki atap. Dari atap, tim langsung menuju ke penerjun yang tersangkut tadi.

Dengan bantuan tali, penerjun itu ditarik ke atas. Puluhan ribu penonton, memberi dukungan kepada penerjun itu dengan meneriakkan "Bisa, bisa, bisa,".

Dengan dukungan itu, penerjun itu akhirnya bisa diselamatkan. Tepuk tangan meriah, menyambut penyelamatan yang penuh heroik dan mendebarkan itu.

Perhelatan partai final Sudirman Cup sendiri, mempertemukan Mitra Kukar melawan Semen Padang.

Partai final ini langsung disaksikan oleh Presiden Joko Widodo. Namun belum dimulai, mengingat kondisi hujan dan lapangan masih tergenang. (ase)


Foto Menegangkan Saat Penerjun TNI Tersangkut di Atap SUGBK
Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK)

Jelang Asian Games, Perusahaan Asing Serbu Indonesia

Indonesia mesti keluar banyak uang, tapi banyak pihak yang siap bantu.

img_title
VIVA.co.id
16 Februari 2016