Lapor soal Layanan TransJakarta, Ahok Akan Beri Hadiah

Bus TransJakarta.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin

VIVA.co.id - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menyiapkan hadiah untuk warga yang melaporkan kinerja buruk operator bus TransJakarta. Warga bisa melakukan pelaporan kualitas perjalanan bus TransJakarta melalui aplikasi Jakarta Smart City “Qlue Transit”.

Hadiah yang akan diberikan adalah penambahan saldo dengan jumlah tertentu pada kartu tiket elektronik TransJakarta yang dimiliki pelapor.

"Kalau kamu misalnya bikin 40 laporan, saya bisa kasih Rp20 ribu untuk di-top up (ditambahkan) ke tiket TransJakarta kamu," ujar Ahok, sapaan akrab Basuki, di Balai Kota DKI, Kamis, 28 Januari 2016.

Ahok mengatakan, pelaporan langsung dari pengguna akan membuat kualitas layanan yang diberikan operator terukur lebih tepat.

Zikir Penyejuk Demo Tangkap Ahok

Warga misalnya, bisa memberi penilaian buruk terhadap bus TransJakarta ketika bus berhenti beroperasi di halte tertentu dan menyuruh seluruh penumpangnya turun.

Selama ini, menurut Ahok, cara pengukuran kinerja yang dilakukan TransJakarta terhadap para operatornya tak jarang dicurangi.

Para operator mengakali perangkat Global Positioning System (GPS) yang menjadi instrumen pengukuran. Data jumlah jarak yang ditempuh oleh bus terkirim lebih besar dari jumlah jarak yang ditempuh secara nyata di jalan.

"Cara seperti itu dibiarin (oleh direksi PT Transportasi Jakarta) selama bertahun-tahun. Itu juga yang membuat saya marah," ujar Ahok.

Posko logistik demo 4 November

Ini Lokasi Posko Makanan, Minuman dan Medis untuk Pendemo

Ada empat posko yang disiapkan.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016