Kini Wisata ke Pulau Seribu Cukup Bayar Kapal Rp15 Ribu

Sumber :
  • Danar Dono - VIVA.co.id
VIVA.co.id
Jembatan Cinta Pulau Tidung Makan Korban
- Menteri Perhubungan Ignasius Jonan meresmikan kapal perintis tujuan Kepulauan Seribu - Jakarta. Peresmian kapal KM Sabuk Nusantara juga dihadiri oleh gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

Kapal tersebut merupakan kapal berukuran sedang dengan kapasitas penumpang sekitar 200 orang.

Ahok: Kapal Bersubsidi Kurangi Kemiskinan di Pulau Seribu

"Berat kapal 350 groston, akan melayani rute Kepulauan Seribu - Sundakelapa PP atau sebaliknya," kata Menteri perhubungan Ignasius Jonan, Kamis 28 Januari 2016.

Untuk sementara dalam sehari akan ada 1 sorti perjalanan pulang pergi yang akan dimulai pagi hari.

Ini Dia yang Jual Ganja ke Wisatawan Pulau Seribu

"November akan ditambah satu kapal lagi, sehingga nanti jika sudah dua kapal, tiap pagi akan ada yang berangkat dari Sunda Kelapa dan dari Pulau Kelapa" ujar Jonan.

Adapun rute yang dilayani adalah: Sunda Kelapa - Pulau Untung Jawa- Pulau Pramuka- Pulau Tidung dan Pulau Kelapa. Pemerintah memberikan Subsidi 5,9 miliar untuk kapal ini, tarif yang dikenakan adalah Rp12 ribu.

"Tarif 12 ribu+ asuransi (Rp3ribu) 1 kali perjalanan per orang dan itu berlaku turun di pulau manapun," kata Jonan.

Kapasaitas penumpang adalah 114 penumpang dengan 100 ton kargo. Lengkap  dengan jaket life vest jaket berjumlah 225. Waktu tempuh 1 kali perjalanan adalah sektar 4 jam lebih

"Namun jika kargo yang ada tidak banyak/ akan ada dispensasi penambahan penumpang maksimal 225npenumpang, dengan catatan kargo tidak sampai 100 ton,"ujar Jonan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya