Hari Valentine Kerap Disalahartikan Muda-mudi

Say No to Valentine's Day.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rizki Aulia Rachman

VIVA.co.id - Tepat hari minggu ini, banyak masyarakat dunia termasuk di Indonesia ikut merayakan hari kasih sayang atau Valentine Day yang jatuh setiap 14 Februari.

Namun, meski perayaan ini bertemakan kasih sayang, nampaknya banyak disalahartikan oleh pasangan muda mudi yang ikut larut merayakan hari valentine tersebut.

Atas dasar tersebut, Jamaah Anshrusy Syariah, memanfaatkan momen ini untuk mengkampanyekan penolakannya terhadap hari valentine, hal ini dilakukan di arena car free‎ day, di kawasan Thamrin Jakarta, Minggu 14 Februari 2016.

Dengan bertemakan kampanye "Say No to Valentine Day" Jamaah Anshrusy Syariah yang berpusat di Bekasi ini mengimbau kepada masyarakat sekitaran car free day untuk ikut menolak perayaan valentine day.

"Saat hari ini (valentine) datang, malah makin banyak melakukan zina dengan alih kasih sayang, dan ini malah menjadikan sebagai hal yang sepele," ujar Koordinator Jamaah Anshrusy, Ridwan kepada VIVA.co.id, di kawasan Thamrin, Jakarta.

Ia juga menjelaskan, penolakannya terhadap hari valentine dikarenakan bisa merusak moral pemuda-pemudi tanah air. Hal ini dikarenakan, hari Valentine tidak ada kaitannya dengan sejarah agama Islam.

"Kita mau sosialisasi aja ke masyarakat. Karena ini pusat kegiatan masyarakat untuk Car Free Day. Intinya sejarah valentine sendiri, hukum secara syariah Islam, apa itu valentine, bagaimana hukumnya," kata dia.

Dengan begitu, Ridwan berharap, warga Indonesia, yang juga mayoritas beragama muslim tidak larut dalam perayaan kasih sayang ini.

Menurutnya, banyak hal untuk memperlihatkan kasih sayang dari pada sekedar merayakannya dalam satu hari.

"‎Kita tidak harus ikut-ikutan kasih bunga, kasih cokelat, bahkan ada coklat dibarengi dengan kondom, itu kan apalagi kalau melakukan zina massal," ujarnya.

Dalam aksinya, ‎jemaah yang datang berjumlah belasan orang ini melakukan aksi berkeliling di sekitar Bundaran HI sambil membagikan brosur kepada masyarakat agar mengenal lebih jauh sejarah Valentine, dan kaitannya dengan hukum syariah Islam.
 

Kota Semarang Batalkan Larangan Pelajar Rayakan Valentine
Ilustrasi Pasangan di Hari Valentine.

7 Tips Kencan Pertama di Hari Valentine

Cari tahu lebih banyak informasi soal si dia agar tidak canggung.

img_title
VIVA.co.id
14 Februari 2017