Ratusan Personel Gabungan Apel Siaga Banjir Jakarta

Polres Jakarta Timur Apel Siaga Banjir
Sumber :
  • Anwar Sadat/ VIVA.co.id

VIVA.co.id – Puncak musim hujan yang diperkirakan terjadi pada Februari hingga Maret ini, berpotensi menimbulkan banjir pada sejumlah titik di DKI Jakarta. Terutama, di wilayah Jakarta Timur karena adanya aliran kali Ciliwung.

Prediksi Cuaca Buruk 12 Januari, Ini Tips Antisipasi Jika Banjir Lagi

Mengantisipasi hal tersebut, Polres Metro Jakarta Timur beserta jajaran terkait, seperti Pemkot Jakarta Timur, Kodim 0505 Jakarta Timur dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), menggelar apel gabungan dalam rangka siaga bencana banjir 2016. 

Dalam apel ini, 347 personel gabungan dikerahkan demi mengantisipasi banjir. Sejumlah wilayah di Jakarta Timur memang dikenal sebagai lokasi rawan banjir, seperti Kampung Pulo, Kebon Nanas dan Pulo Mas.

Nasib Pengungsi dan Ancaman Banjir Susulan

Kapolres Metro Jakarta Timur, Kombes Pol. M. Agung Budijono mengatakan, apel siaga ini membuktikan kesiapan antisipasi bencana banjir, agar masyarakat di wilayah Jakarta Timur tidak kewalahan saat banjir menghadang. 

"Acara apel ini bukan semata hanya seremonial, tapi juga menunjukkan bahwa kita (Polri dan instansi terkait) siap membantu warga menghadapi banjir," katanya usai memimpin apel di halaman parkir Pusat Grosir Jatinegara (PGJ), Jakarta Timur, Selasa 16 Februari 2016.

37 Gedung di Sudirman-MH Thamrin Tak Punya Sumur Resapan

Agung menambahkan, selain mengerahkan ratusan personel untuk membantu masyarakat, pihaknya juga menyiapkan sarana penunjang seperti perahu karet, kayak dan kano. 

"Peralatan tersebut di atas yang berada di Mako Polres Metro Jakarta Timur, belum termasuk yang berada di polsek-polsek. Kita siap bantu masyarakat menghadapi banjir baik personel maupun peralatan," ujarnya menambahkan.

Dengan persiapan yang telah dilakukan, Agung berharap masyarakat tidak perlu khawatir saat banjir datang karena jajarannya dan pihak-pihak terkait siap membantu sekuat tenaga.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya