Irjen Moechgiyarto, Komandan Baru Jaga Keamanan di Jakarta

Kapolda Metro Jaya, Irjen Moechgiyarto.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Kapolri Jenderal Badrodin Haiti resmi melantik Inspektur Jenderal Polisi Moechgiyarto sebagai Kapolda Metro Jaya menggantikan Inspektur Jenderal Tito Karnavian.

Kapolda Metro Jamin Stok Vaksin Booster di Gerai Senayan Cukup

Tito diangkat Presiden Joko Widodo sebagai Kepala Badan Nasional Pemberantasan Terorisme (BNPT) menggantikan Komisaris Jenderal Polisi Saud Usman yang memasuki masa pensiun.

Moechgiyarto bukan nama yang asing bagi kepolisian, dia merupakan lulusan akademi polisi terbaik tahun 1986. Irjen Pol Moechgiyarto lahir di Padang, Sumatera Barat, 25 Mei 1962.

Irjen Fadil Minta Wartawan Kabarkan ke Warga Jangan Takut Omicron

Ia meraih penghargaan Adhi Makayasa. Bukan hanya saat di Apkol, Irjen Pol Moechgiyarto juga tercatat selalu berprestasi saat mengikuti sejumlah pendidikan. Mulai dari sekolah PTIK, Sekolah Staf dan Pimpinan (Sespim), hingga Sekolah Staf dan Pimpinan Perwira Tinggi (Sespati).

Sebelum nantinya menduduki jabatan sebagai Kapolda Metro Jaya, beberapa karier atau jabatan yang dilaluinya di antaranya, Wakapolsekta Klojen. Dan empat tahun kemudian atau 1989, dia menjabat sebagai Kapolsek Kedungkandang.

Beredar Undangan Nikah Anak Kapolda Metro, Tamu Tak Boleh Bawa Kado

Setelah itu pada tahun 2003, Moechgiyarto menjabat sebagai Kapolres Pemalang, lalu menjabat Kapolres Sleman. Dan di tahun 2005, menjabat Wadireskrim Polda DIY, yang kemudian menjadi Kapoltabes Pekanbaru.

Kemudian di tahun 2008, dia menjabat Gadik Utama Dit Akademik PTIK, lalu setahun kemudian menjabat sebagai Kabid Rapkum Div Binkum Polri. Di tahun yang sama, ia pun pindah dan menjabat sebagai kanit II Dit. V/Tipiter Bareskrim Polri.

Di tahun 2010, ia menjabat sebagai Sespuspamintel Div Propam Polri dan di tahun yang sama dipercaya untuk menjabat Kasespimma Sespim Lemdikpol.

Lalu dua tahun berselang, Moechgiyarto menjabat sebagai Wakapolda Jatim dan setahun kemudian tepatnya 2013 menjabat Kapolda NTB menggantikan Brigadir Jenderal Polisi Mochamad Iriawan.

Moechgiyarto menjabat kapolda NTB kurang lebih satu tahun, yang kemudian dipercaya menjabat Kadivkum Polri.

Dan pada tahun 2015, tanggal 5 Juni 2015, yang berisi rotasi sejumlah posisi kapolda. Salah satunya adalah mutasi kapolda Jabar. Moechgiyarto dipercaya kembali menggantikan Inspektur Jenderal Polisi Moch Iriawan menjabat sebagai Kapolda Jawa Barat.

Saat ini, sesuai surat telegram Dalam surat bernomor ST/604/III/2016, Irjen Pol Moechgiarto didapuk menggantikan Irjen Pol Tito Karnavian untuk mengamankan Ibu kota.

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya