Kepadatan Lalu Lintas Arus Balik Diperkirakan Setelah Magrib

Sejumlah kendaraan bergerak padat merayap setelah keluar pintu tol Gadog, Bogor, Jawa Barat, Jumat (29/3/2013).
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
VIVA.co.id - Libur panjang pada 25-27 Maret 2016 diisi sebagian besar masyarakat Jakarta untuk pergi ke luar kota. Diperkirakan hari ini adalah arus balik libur panjang karena pada Senin, 28 Maret 2016, masyarakat sudah menjalankan aktivitasnya seperti biasa.
Jadwal Buka Tutup Arus Lalu Lintas Kawasan Puncak
 
Kepala Sub Direktorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi Budiyanto, mengatakan bahwa diperkirakan puncak arus balik libur panjang mulai terjadi pada sore hingga dini hari.
Sistem Satu Arah di Bogor Diperpanjang Dua Pekan
 
"Kemungkinan mulai habis Magrib hingga dini hari," kata Budiyanto kepada VIVA.co.id pada Minggu, 27 Maret 2016.
Mobil Pick Up dan Dua Motor Gede Terbakar di Kemayoran
 
Mengenai pengamanan arus lalu lintas untuk arus balik itu, polisi mengantisipasinya dengan hal yang sama seperti pada Jumat lalu. Di antaranya, rekayasa lalu lintas, membatasi operasional kendaraan besar sebelum pukul 10.00 malam, melarang kendaraan parkir di bahu jalan terutama rest area dan menyiapkan rute alternatif.
 
Budiyanto menambahkan, jika ada antrean kendaraan pada gerbang tol atau rest area sampai mencapai 1-5 kilometer, cara bertindak membantu transaksi (jemput kendaraan) pada tiap gate tol atau gerbang transaksi dan atau melakukan buka tutup rest area serta turunkan tim urai.
 
"Lalu, jika antrean menjelang rest area lebih dari lima kilometer dan terganggunya kamseltibcar lantas (keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas) serta membuat laju kecepatan nol sampai lima kilometer per jam, maka akan dilakukan contra flow dan buka tutup exit tol," ujarnya.
 
Jika kedua hal tersebut terjadi, kepolisian sudah menyiapkan pengalihan arus kendaraan dari jalan tol ke ruas jalan arteri.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya