Kebun Binatang Ragunan Tolak Kuda Delman Monas

Delman di kawasan Monumen Nasional (Monas)
Sumber :
  • Antara/ Yudhi Mahatma

VIVA.co.id – Rencana pemindahan kuda delman yang biasa beroperasi di kawasan Monas, Jakarta Pusat, ke Taman Marga Satwa Ragunan, Jakarta Selatan, mendapat penolakan. Sebab, kuda yang terjangkit virus itu dikhawatirkan akan menyebarkan penyakit ke hewan lainnya di Ragunan.

Libur Panjang, Pengamanan Ragunan Diperketat

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan, Darjamuni, setelah mendapatkan surat penolakan dari kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Ragunan. "Alasannya teknis karena di situ banyak hewan lain, takutnya bisa menular," ujar Darjamuni di Balai Kota, Jakarta, Selasa, 29 Maret 2016.

Solusi sementara, lanjut Darjamuni, pihaknya telah mengkarantina kuda-kuda yang terjangkit penyakit itu dan memberi obat khusus. "Kemarin, kuda-kuda yang sakit sudah kami obati. Dampaknya beberapa waktu lagi kami cek lagi," katanya.

Puncak Kunjungan di Ragunan Diprediksi Sabtu dan Minggu

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, sejumlah 28 dari 31 ekor kuda delman yang beroperasi di kawasan Lapangan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, diketahui terjangkit virus berbahaya. Hal itu diketahui dari hasil pemeriksaan yang dilakukan Dinas Kelautan, Pertanian, dan Ketahanan Pangan DKI terhadap kuda-kuda tersebut.

Ahok, sapaan Basuki, mengatakan, pihaknya mengirim kuda-kuda itu ke Rumah Sakit Hewan Ragunan, Jakarta Timur. Selanjutnya, kuda-kuda direncanakan hanya beroperasi di kawasan Taman Marga Satwa Ragunan yang dikenal dengan sebutan Kebun Binatang Ragunan itu.

Gandeng Kebun Binatang Ragunan, Bank DKI Genjot e-Ticketing
Delman di kawasan Monumen Nasional (Monas)

Sandi Tawarkan Kelola Delman Monas Seperti di New York

Kereta dibuat lebih bagus dan diberi musik.

img_title
VIVA.co.id
20 November 2017