DKI Tukar Dua Harimau Sumatera dengan Jerapah Australia

Ilustrasi: Harimau Sumatera
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Eric Ireng

VIVA.co.id - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta direncanakan akan bertukar hewan langka dengan negara bagian New South Wales, Australia. Hewan yang akan ditukar adalah Harimau Sumatera.

Kisah Dokter Yanti Satu Perahu dengan Harimau Sumatera
Kepala Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan, Darjamuni, mengatakan, pertukaran itu dilakukan untuk melestarikan hewan ikonik masing-masing kawasan. Pemprov DKI akan mendapatkan dua ekor jerapah yang dihibahkan New South Wales. 
 
Jual Kulit Harimau Sumatera, Empat Pria Ditangkap
"Sementara mereka minta dua Harimau Sumatera untuk dikirim ke sana," ujar Darjamuni usai menerima Konsulat Jenderal (Konjen) RI untuk Australia di Balaikota, Jakarta, Selasa 29 Maret 2016.
 
Dua Ekor Raja Rimba Ini Nyaris Lupa Naluri Harimau
Selain pertukaran hewan langka, Pemprov DKI juga berwacana mendatangkan daging sapi impor dari negara bagian Australia itu. Selain untuk mencukupi kebutuhan daging ibukota, New South Wales juga terkenal mempunyai peternakan sapi dengan kualitas baik.
 
"Kita jajaki kerjasama tapi bukan sapinya, dagingnya saja dulu, kita mau buat working grup dulu baru kita hitung berapa kebutuhan dari kerjasama itu," ujarnya.
 
Kerjasama tak hanya di bidang hewan saja, kedua pemerintah dua negara juga akan bekerja sama di berbagai bidang seperti, pendidikan, infrastruktur, pembangunan dan perdagangan. Sebagai aplikasi, Pemprov DKI telah membentuk tim kerja khusus untuk menjalankan poin-poin dari kerjasama itu.
 
"Intinya bahwa ini akan membentuk working group. Jadi kelompok kerja yang ini akan membahas secara detail tentang kerjasama itu," ujarnya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya