Pengakuan Zaskia Gotik Didesak Penonton Soal Bebek Nungging

Pedangdut Zaskia Gotik saat menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya
Sumber :
  • Bayu Januar
VIVA.co.id
Vonis Bebas atas Penulis Pancagila di Facebook Disambut Baik
- Pedangdut Zaskia Gotik sejak siang tadi menjalani pemeriksaan di Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya. Zaskia diperiksa sebagai saksi atas dugaan penghinaan lambang yang dilakukannya.

Salah Baca Pancasila, Ini Pembelaan Zaskia Gotik
Zaskia yang datang dengan kuasa hukum serta kekasihnya diperiksa selama lebih dari enam jam. Dalam pemeriksaan tersebut, pelantun lagu 'satu jam saja' itu dicecar dengan 17 pertanyaan.

Ahmad Dhani Membela Zaskia Gotik
Edi Ribut Harwanto, kuasa hukum Zaskia mengatakan, dari 17 pertanyaan yang ditanyakan penyidik, ada dua pertanyaan esensi pokok, yaitu terkait pertanyaan tanggal proklamasi dan lambang sila kelima Pancasila.

"Pertanyaan soal 17 agustus, saya jelaskan di sini bahwa pertanyaan yang diajukan oleh host dalam acara di suatu acara televisi memang sengaja dilakukan Zaskia," kata Edi kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya. Rabu 30 Maret 2016.

Edi menambahkan, tadinya dalam acara tersebut, kliennya ingin menjawab hari kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus.

"Tetapi karena di situ adalah acara musik dan hiburan maka eneng (sapaan Zaskia) berkewajiban sebagai talent untuk menghibur supaya membuat orang tertawa. Jadi perbuatan emang benar, tetapi tidak ada itikad buruk. Apalagi sampai menghina, eneng sebagai warga negara yang baik belum pernah dihukum dan tindak-tindakan yang dianggap menghina lambang negara," kata Edi.

Terkait dengan ucapan 'bebek nungging', Edi menjelaskan, bahwa jawaban kliennya tentang lambang sila kelima Pancasila tersebut adalah tindakan yang spontan.

"Jawaban yang disampaikan Zaskia dalam acara itu secara serta merta spontanitas yang sebelumnya memang tidak dilakukan briefing oleh tim kreatif di stasiun tersebut," ujar Edi.

Selain itu, kata Edi, pertanyaan tentang lambang sila kelima Pancasila memang kliennya tidak mengetahuinya.

"Ketika ada pertanyaan menurut orang masyarakat biasa itu pertanyaan yang ringan, tapi menurut Zaskia, sila kelima itu lambangnya apa itu adalah pertanyaan berat," katanya.

Selanjutnya, Edi mengatakan, perbuatan Zaskia tersebut juga karena adanya desakan dari penonton yang mengucapkan kata 'itik'.

"Sehingga karena di situ ada desakan yang besar dari penonton bilang 'itik itik itik', maka dia menyampaikan brand. Bahwa itu adalah bebek nungging."

Sebelumnya, Zaskia Gotik dilaporkan sejumlah orang atas dugaan menghina Pancasila saat jadi tamu di acara Dahsyat di RCTI. Zaskia saat itu menyebut Indonesia merdeka pada tanggal 32. Ia juga menyebut lambang sila ke-5 Pancasila adalah bebek nungging.

Dalam kasus ini, selain memeriksa Zaskia Gotik, pihak Kepolisian juga sudah memeriksa beberapa rekan artis, seperti Raffi Ahmad, Ayu Ting Ting, Julia Perez, Ayu Dewi, Syahnaz dan Dede.

(mus)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya