Perompak Bersenjata Teror Kapal Nelayan Kepulauan Seribu

Kapal nelayan dirampok di Kepulauan Seribu
Sumber :
  • VIVA/Danar Dono

VIVA.co.id - Sebuah kapal nelayan berawak enam orang, dirompak oleh sekelompok orang di perairan Kepulauan Seribu, Rabu malam, 6 April 2016. Perompak sempat beberapa kali mengumbar tembakan ke udara, sebelum akhirnya menjarah kapal nelayan tersebut.

Kapal nelayan yang dinahkodai Oman, warga Pulau Untung Jawa, Kabupaten Kepulauan Seribu, bersama lima anak buah kapal, itu dirompak oleh kapal mesin dengan awak membawa senjata api di utara flatform Intan (kurang lebih dua jam dari Pulau. Pabelokan).

"Kapal nelayan warga Pulau Untung Jawa, KM Kumbang Laut dirompak oleh sekelompok orang yang menggunakan kapal/perahu mesin 'Lidah'," kata Kasubag Humas Polres Kepulauan Seribu, Iptu Ferry, Kamis 7 April 2016.

Oman mengaku saat dirompak, kapal yang dikemudikan Oman tengah istirahat, dan anak buah kapal sedang tidur. Tiba-tiba, kapal mesin jenis 'Lidah' langsung mendekat kapalnya dan melepaskan tembakan ke udara tiga kali.

"Kemudian mengambil ikan dan barang barang milik nakhoda, serta ABK kapal nelayan," ujar dia.

Perompak itu menjarah barang berharga yang ada di dalam kapal, seperti satu unit alat sounder ikan merk KODEN, satu unit JPS merk Gruno, satu unit Genset 5 PK,  dua unit Accu merk Yuasa, tiga unit Ponsel  (satu merek Samsung dan dua merek Nokia), Ikan sekitar 1,5 Kwintal (tenggiri, kakap merah dan krapu) dalam fiber box warna kuning.

Kelompok perompak tersebut, saat ini masih dalam perburuan pihak Kepolisian. (asp)

TNI AL Siap Hadapi Gugatan Perompak di Pengadilan

Kapal Patroli TNI AL Diserang, Satu Orang Tewas

Empat personel TNI AL yang tengah patroli diserang puluhan OTK

img_title
VIVA.co.id
22 Januari 2016