Sukhoi dan F16 'Perang' di Langit Jakarta

Pesawat tempur F16 buatan AS.
Sumber :
  • Muhammad Tahir/Tarakan

VIVA.co.id – Sebanyak 60 pesawat TNI AU dari berbagai jenis, unjuk kebolehan dalam demo udara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) TNI AU ke-70. yang dilaksanakan di, Taxyway Echo Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, 9 April 2016.

Pemerintah Bantah Borong Sukhoi Rusia

Pada demo udara yang terbuka untuk masyarakat itu, pesawat-pesawat TNI AU, akan melaksanakan berbagai atraksi udara, seperti flypass composite strike pesawat tempur simulasi serangan udara langsung (SUL), display tim JAT, bomb burst high speed past serta penarikan banner.

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara, Marsekal Pertama Dwi Badarmanto menerangkan, pada demo composite strike ini, ada sebanyak 16 pesawat tempur, yang terdiri dari 4 pesawat Sukhoi Su-27/30, 4 pesawatnya F-16, 4 pesawat Hawk 100/200 den 4 pesawat T-50i. "Pesawat ini mendemontrasikan serangan udara strategis (OSUS)," kata dia.

Jet F-16 Norwegia Salah Tembak Saat Latihan Perang

Selain itu, lanjut dia, empat pesawat T-50i juga akan mendemostrasikan serangan Udara Langsung (SUL). Tidak kalah menariknya adalah Hypass oleh 16 pesawat Iatih Grob G-120 TP dengan membentuk angka “70” serta manuver cantik tim JAT yang diperankan oleh 6 pesawat KT-1 Woong Bee yang membentuk simbol love. Selain itu, dua pesawat C130 Hercules akan menerjunkan ratusan prajurit Paskhas AU.

Selain demo udara, pada peringatan HUT TNI AU ke-70, ini juga ditampilkan demo darat, berupa simulasi perang kota oleh prajurit Kopaskhas pada simulasi perang kota. "Prajurit Paskhas akan memperagakan berbagai taktik, strategi dan ketrampilan pertempuran darat," katanya menambahkan.

Gak Mau Masuk Pemerintahan Prabowo, Intip Harta Berjalan Ganjar Pranowo

Peringatan hari jadi TNI AU ini bertajuk "Dilandasi Moralitas,” Integritas, Profesionalitas dan Militansi, TNI Angkatan Udara Siap mengamankan Wilayah Dirgantara Dalam Rangka Penegakkan Kedaulatan dan Keutuhan NKRI”.


Baca juga:

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya