Pantai Indah Kapuk Dapat Tambahan Listrik Baru

Petugas PLN memperbaiki gardu distribusi PLN
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta, mendapat tambahan pasokan listrik dari gardu induk 150 kilo volt gas insulation switchgear (GIS) dengan kapasitas trafo daya 2x60 mega volt ampere (MVA).

Dikutip dari siaran pers PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), Minggu 10 April 2016, GIS PIK sudah berhasil dioperasikan dan siap membantu penguatan kelistrikan Jakarta.

Dikatakan Manajer Senior Public Relations PLN, Agung Murdifi, dengan berhasil pengoperasian GIS PIK, maka pelayanan listrik di sekitar kawasan Pantai Indah Kapuk dan di sekitar Jakarta Utara akan semakin andal.

"Sistem kelistrikan Jakarta secara umum juga akan semakin andal dengan beroperasinya GIS PIK. Tentunya, kesiapan dan ketersediaan daya untuk pertambahan beban pelanggan eksisting dan pelanggan baru di wilayah Jakarta dan sekitarnya dapat terpenuhi," katanya.

Diutarakannya, dengan GIS, sistem kelistrikan mempunyai alternatif manuver yang lebih fleksibel jika terjadi gangguan dengan kualitas tegangan yang lebih baik.

Sebelumnya, PLN telah mengoperasikan tiga Gardu Induk (GI) 150 kilo volt (kV) di kawasan Millenium Tangerang Banten untuk menyuplai daerah Jawa bagian barat termasuk Jakarta. Selain GI Millenium, GIS Bintaro 150 kV yang terletak di kawasan Bintaro Jakarta Selatan sudah terlebih dahulu beroperasi, menyusul pengoperasian Interbus Transformer (IBT) 4 GITET Balaraja 1X500 MVA.

Tahun 2016, PLN menargetkan penyelesaian pembangunan 53 instalasi kelistrikan, antara lain GI 150 kV dan GITET 500 kV. PLN terus membangun gardu sebagai program prioritas untuk mengimbangi meningkatnya kebutuhan listrik bagi industri dan pelanggan. Saat ini, daya mampu total GI di DKI Jakarta sebesar 7.375 mega watt (MW).

"Untuk kawasan kota seperti DKI Jakarta dengan empat juta pelanggan lebih, tantangan terbesar pembangunan adalah pembebasan lahan. Namun, PLN terus mengupayakan solusi agar permintaan listrik masyarakat terpenuhi," katanya.

Dapat Arahan Menteri BUMN, PLN Bakal Caplok PGE
Pekerja memasang kawat baja sebelum pengujian tower transmisi listrik milik PLN. Foto ilustrasi

34 Proyek Pembangkit Listrik Mangkrak, Negara Merugi

Sari 34 proyek ada 12 proyek tidak bisa berlanjut.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016