Ahok: Siapa Gubernur Reklamasi? Ali Sadikin

Ali Sadikin, Gubernur DKI Jakarta selama 1966 hingga 1977.
Sumber :
  • http://www.gomuda.com/

VIVA.co.id – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, mengatakan sosok yang lebih tepat dijuluki 'Gubernur Reklamasi' adalah mendiang Ali Sadikin. Menurut Ahok, sapaan Basuki, Gubernur yang memerintah dari tahun 1966 hingga 1977 itu melakukan reklamasi yang menyebabkan kawasan Ancol, Jakarta Utara, memiliki luas wilayah seperti saat ini.

Anies Menang Gugatan, MA Tolak Kasasi Penghentian Reklamasi Pulau M

"Siapa gubernur reklamasi? Ali Sadikin sebetulnya," ujar Ahok, sapaan akrab Basuki, di Balai Kota DKI, Rabu, 20 April 2016.

Ahok mengatakan, batas alami antara darat dan laut Jakarta sebenarnya adalah kawasan yang saat ini garisnya menjadi Jalan Tol Pelabuhan. Tindakan reklamasi yang dilakukan Gubernur Ali membuat luas daratan Jakarta menjadi bertambah sehingga, Jakarta memiliki banyak tempat baru seperti Pelabuhan Tanjung Priok hingga Taman Impian Jaya Ancol.

Reklamasi Ancol, Persatuan Alumni 212 Tegaskan Anies Tak Ingkar Janji

"(Daratan) Ancol, kamu kira bukan hasil reklamasi?" ujar Ahok.

Reklamasi pantai di utara Jakarta kali ini menjadi sorotan paska kasus suap salah satu anggota DPRD DKI Jakarta, Sanusi. Suap yang dilakukan perusahaan properti Agung Podomoro, salah satu pihak yang ditunjuk mengelola pulau hasil reklamasi terkait kelancaran pembahasan raperda reklamasi.

ACTA Sebut Izin Reklamasi Ancol yang Anies Keluarkan Janggal

KPK yang mencium ‘bau busuk’ menangkap tangan Sanusi yang sempat digadang-gadang menjadi kandidat gubernur DKI Jakarta. Kisruh reklamasi membuat pemerintah pusat turun tangan dan menghentikan sementara pengurukan laut Jakarta.

(ren)

Pekerja menggunakan alat berat menggarap proyek reklamasi Ancol di Jakarta

3 Tahun Anies Jabat Gubernur DKI, Nasdem Soroti Reklamasi Ancol

Nasdem persoalkan, menolak reklamasi teluk Jakarta tapi buat di Ancol.

img_title
VIVA.co.id
16 Oktober 2020