'Anggota Lantas dan Reserse Rawan Sakit Paru-paru'

Polisi atur lalu lintas jalan.
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Kepala Bidang Kedokteran dan Kesehatan Polri, Brigadir Jenderal Polisi Arthur Tampi, menuturkan anggota Polri seringkali terserang penyakit saat menjalani tugasnya.

Motor Pengawal Ambulans di Jaksel Ditilang, Kombes Latif Ungkap Alasannya

Arthur menyebutkan, terutama bagi anggota polisi lalu lintas dan anggota satuan reserse yang sering mengalami penyakit, seperti gangguan pernapasan, paru-paru, atau yang disebut dengan penyakit degeneratif.

Pengertian penyakit degeneratif sendiri ialah penyakit yang disebabkan oleh faktor usia dan diperburuk oleh kurang baiknya pola hidup yang dijalaninya.

Petantang-petenteng di Jalan, Polisi Gadungan Akhirnya Ditangkap di Semarang

"Penyakit degeneratif, untuk orang reserse dia akan terkena logam berat pada usia 50 tahun, dan rawan terkena penyakit hipertensi, paru-paru, jantung. Begitu juga dengan anggota reserse di lapangan, makan tidak teratur, pola makannya lemak tinggi. Berdampak degeneratif, penyakit jantung, paru-paru, hipertensi, gangguan ginjal," kata Arthur Tampi, di Jakarta, Minggu, 24 April 2016.

Dia memaparkan, dana kesehatan bagi anggota kepolisian setiap tahunnya dianggarkan sebesar Rp1 juta per anggota Polri. Namun, terkadang banyak anggota yang tidak melakukan pemeriksaan kesehatan di rumah sakit yang disediakan Polri.

Viral 'Tukang Cilok dan Tukang Batagor' Ikut Rapat Polisi

"Sebanyak 40 persen yang tidak melakukan pemeriksaan kesehatan karena kesibukan, apalagi anggota yang bertugas di luar Jawa," ujarnya.

Karena itu, Arthur mengimbau, anggota kepolisian dapat melakukan pemeriksaan kesehatan. Hal itu, guna mencegah terjangkitnya penyakit yang lebih serius lagi.

Anggota Polantas ikut tren Hi Kids di media sosial

Polisi Ini Ikut Tren Viral 'Hi Kids': Doain Ayah Ya Nak Supaya Dipertemukan dengan Ibumu

Tren 'Hi Kids' salah satunya juga dilakukan oleh anggota Polisi Lalu Lintas (Polantas) bernama Anton saat sedang bertugas di Tol MBZ kilometer 10 Tol Cikampek dala video.

img_title
VIVA.co.id
28 Desember 2023