4 Bulan, Sudin KPKP Jakpus Musnahkan 9.984 Ayam Tiren

Ayam tiren
Sumber :
  • Anwar Sadat - VIVA.co.id

VIVA.co.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Suku Dinas (Sudin) Kelautan, Perikanan dan Ketahanan Pangan (KPKP) Jakarta Pusat (Jakpus) terus melakukan pengawasan terhadap peredaran ayam mati kemarin (tiren) di sejumlah lokasi pemotongan unggas. 

Kakek 73 Tahun di Garut Ditemukan Tewas Mengenaskan, Kepala Hancur dan Usus Terurai

Kepala Suku Dinas KPKP Jakarta Pusat M Mulyadi mengatakan, terdapat 19 tempat pemotongan unggas di wilayahnya. Lokasi itu tersebar di empat kecamatan, yakni Kecamatan Kemayoran, Cempaka Putih, Johar Baru dan Senen.

"Sejak Januari hingga April 2016 sudah 9.984 ekor ayam tiren yang kami musnahkan," ujar Mulyadi, Senin, 25 April 2016.

Survei Aksara: Persoalan Pengangguran Jadi Masalah Serius Kota Pekanbaru

Untuk melakukan pengawasan, kata Mulyadi, pihaknya melibatkan para pelaku usaha agar pemusnahan bangkai unggas sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang telah disepakati.

Pemusnahan itu dengan cara dicacah dan disiram menggunakan desinfektan. Kemudian dimasukkan ke dalam karung sebelum dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Sebabkan Penyakit Kronis, Pakar Sebut Air di Atas Baku Mutu Tak Dapat Lagi Dikonsumsi

"Setiap hari pelaku usaha mengisi formulir yang sudah disiapkan dan membuat surat pernyataan bermaterai. Apabila tidak melakukan tindakan pemusnahan sesuai dengan SOP maka usaha tersebut akan ditutup," ujarnya.

Laporan Ikhwan Yanuar/ Jakarta
 

Pemain Timnas Indonesia U-23, Marselino Ferdinan (kanan)

Roberto Mancini Kagumi 4 Pemain Timnas Indonesia U-23, Termasuk yang Dicap Egois oleh Netizen

Pelatih Timnas Arab Saudi Roberto Mancini mengagumi empat pemain Timnas Indonesia U-23. Hal tersebut setelah eks pelatih Timnas Italia ini menyaksikan Indonesia vs Irak.

img_title
VIVA.co.id
6 Mei 2024