Yang Perlu Disiapkan Saat Melintasi Tol di Libur Panjang

Ilustrasi macet di tol.
Sumber :
  • Twitter @TMCPoldaMetro

VIVA.co.id – Mengantisipasi kemacetan yang diperkirakan bakal terjadi di hari-hari libur panjang nasional, peringatan Isra Miraj dan Kenaikan Isa Almasih, PT Jasa Marga telah melakukan rekayasa lalu lintas.

Video 'Lampu Merah Bernyanyi' di Depok

Selain itu, menurut Direktur Operasional PT Jasa Marga Cristiantio Prihambodo, untuk tetap menjaga keamanan, kenyamanan dan kelancaran pengguna jalan tol, diperlukan kerja sama dari pengguna jalan.

"Selama arus mudik-balik libur panjang awal bulan Mei, Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan tol untuk melakukan persiapan seperti menggunakan E-Toll Card untuk pembayaran transaksi di GTO atau siapkan uang pas untuk transaksi tunai," kata Cristiantio di Kantor Pusat PT Jasa Marga, Jumat, 29 April 2016.

Ogah Macet-macetan, Pria Ini Pilih Mendayung ke Kantor

Cristianto juga mengharapkan pengguna kendaraan yang akan memasuki jalur tol mengisi bahan bakar yang cukup sehingga tidak perlu mengisi BBM di tempat istirahat. Selain itu, para pengguna jalan juga disarankan membawa perbekalan secukupnya selama perjalanan.

"Para pengendara juga diimbau mempersiapkan kondisi fisik kendaraan dan pengemudi sebelum melakukan perjalanan," katanya

Hindari Kawasan Gelora Bung Karno, Lalu Lintas Padat

Menurut Cristiantio, PT Jasa Marga juga sudah menyiapkan berbagai langkah penanganan guna memberikan kenyamanan kepada masyarakat saat arus mudik dan balik libur panjang awal bulan Mei.

Jasa Marga akan mengoptimalkan pengoperasian seluruh gardu operasi pada GT Cikarang Utama (entrance) arah Cikampek. GT Ciperna Utama arah Jawa Tengah, GT Cibubur Utama, GT Karang Tengah. Selain itu, pada saat terjadi antrean panjang di GT Cikarang Utama dan GT Cibubur Utama akan diberlakukan pemberian KTME (kartu tanda masuk elektronik atau Jemput Kendaraan (JKR).

Ilustrasi-Kemacetan lalu lintas

Lalu Lintas Kota Bandung ke Lembang Macet 7 Kilometer

Polrestabes Bandung terapkan sistem buka tutup jalur.

img_title
VIVA.co.id
25 Desember 2019