Puncak Arus Balik Libur Panjang Diperkirakan Malam Ini

Ilustrasi kemacetan di gerbang tol
Sumber :
  • Twitter @TMCPoldaMetro

VIVA.co.id – Puncak kepadatan arus balik pada long weekend sejak hari Kamis 5 Mei 2016 lalu, diperkirakan akan terjadi pada Minggu malam 8 Mei 2016 sampai sampai Senin pagi 9 Mei 2016.

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

Namun demikian, kepadatan arus balik kali ini diperkirakan tidak akan sepadat saat arus mudik Rabu atau Kamis lalu. Hal ini disebabkan oleh telah terpecahnya arus yang kembali ke kota masing-masing.

"Karena sudah terpecah-pecah (arusnya), ada yang pulang ke Bandung, Karawang, Bekasi, Purwakarta dan sebagainya, ada juga yang sudah mulai pulang kemarin," kata Kepala  Sub Direktorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Budiyanto saat dihubungi VIVA.co.id, Minggu, 8 Mei 2016. 

Pelita Air Klaim Tak Ada Kendala saat Angkut Penumpang Arus Balik Lebaran 2024

Budiyanto memperkirakan, arus balik kali ini akan lebih terkendali jika dibandingkan dengan lonjakan arus mudik yang keluar dari Jakarta beberapa hari lalu. Selain itu, titik lokasi kemacetan tidak akan jauh berbeda dengan saat arus mudik, namun tidak akan sepadat arus mudik.

Hal tersebut lantaran saat arus mudik kemacetan terjadi karena kendaraan dari arah Jakarta dan sekitarnya berangkat di waktu yang berdekatan, sehingga terjadi penumpukan di ruas jalan menuju keluar. Hal tersebut menyebabkan kemacetan terjadi di sepanjang Tol Cikampek dan Tol Jagorawi.

Angka Kecelakaan Menurun Selama Mudik Lebaran, Kapolri dan Anak Buahnya Dapat Apresiasi

Justru yang menjadi titik konsentrasi massa diperkirakan akan ada di titik wisata dalam kota Jakarta.

"Taman Mini, Ancol, Kebun Binatang Ragunan diperkirakan akan sangat ramai hari ini, mengingat ini adalah hari terakhir long weekend.”

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya