Ahok: Siswa SD di Jakarta Lebih Beruntung daripada Daerah

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama
Sumber :
  • VIVA.co.id / Fajar GM

VIVA.co.id – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, mengatakan para siswa Sekolah Dasar (SD) dan sederajat peserta Ujian Sekolah/Madrasah Berstandar Sekolah/Daerah (US/M BD) di Jakarta, beruntung.

Wagub Djarot Minta Murid SMP Jujur Kerjakan Soal UN

Beruntung karena berada di ibu kota, pemerintah tidak kesulitan mempersiapkan pelaksanaan ujian. Pencetakan naskah dan lembar ujian dilakukan di Jakarta atau daerah yang tak jauh lokasinya. Titik awal pengirimannya juga banyak berada di Jakarta.

"Segala macam dekat kalau di Jakarta," ujar Ahok, sapaan akrab Basuki, di Sekolah Dasar Swasta (SDS) Santa Maria, Jakarta Pusat, Senin, 16 Mei 2016.

DPR Ingatkan Siswa Junjung Kejujuran Saat Ujian Nasional

Ahok melakukan pemantauan US/M BD 2016 di sekolah itu dan Sekolah Dasar Negeri (SDN) Petojo Utara 13.

Ahok mengatakan, semasa ia menjadi Bupati Kabupaten Belitung Timur pada tahun 2005 hingga 2006, pelaksanaan ujian selolah di kabupatennya, apalagi yang tingkatannya nasional, kerap menemui sejumlah hambatan.

Pelajar SMP ini Kerjakan Soal Ujian Nasional di Ambulans

Lokasi Kabupaten Belitung Timur yang terpisah dari daratan utama, Pulau Sumatera, membuat pengiriman naskah ujian berlangsung cukup lama. Setibanya di wilayah Kabupaten Belitung Timur, Dinas Pendidikan di sana kemudian harus mendistribusikan naskah soal itu ke sekolah-sekolah yang letaknya terpencil.

"UN SD di sana itu sulit. Rata-rata yang (letaknya) terpencil itu SD," ujar Ahok.

Suasana SD Kayu Putih Jakarta saat menggelar ujian akhir

Ujian Sekolah untuk SD Mulai Digelar Hari Ini

Ujian berlangsung 16-18 Mei 2016.

img_title
VIVA.co.id
16 Mei 2016