Hari Ini, Bus Wisata Malam 'Berbicara' Resmi Beroperasi

Bus tingkat wisata malam resmi beroperasi di Jakarta, Jumat, 20 Mei 2016.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Fajar Ginanjar Mukti

VIVA.co.id – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama meresmikan operasi bus tingkat wisata malam yang dihibahkan Tower Bersama Group.

Melewati Perbatasan Darat Vietnam-Kamboja dengan Bus Malam

Bus bermerek MAN dengan kapasitas 69 orang itu dilengkapi fitur Global Positioning System (GPS). GPS itu terkoneksi dengan sistem audio visual di dalam bus.

"Jadi, begitu bus lewat Balai Kota misalnya, seluruh layar dan suara di dalam bus akan menceritakan sejarah Balai Kota. Begitu bus lewat Museum Nasional, dia akan ngasih tahu dan cerita apa itu Museum Nasional," ujar Ahok, sapaan akrab Basuki, di pendopo Balai Kota DKI, Jumat, 20 Mei 2016.

Proyek Ini jadi 'Game Changer'

Direktur Utama PT. Transportasi Jakarta Budi Kaliwono mengatakan, bus yang akan dioperasikan TransJakarta itu melayani penumpang secara gratis setiap hari.

TransJakarta merancang rute wisata tematik. Rute dengan tema "History of Jakarta" dan "Shopping Experience/Jakarta Modern" itu melintasi museum, lokasi-lokasi bersejarah, dan tempat-tempat wisata belanja di Jakarta. 

Prediksi Pertandingan Liga 1: Persib Bandung vs Borneo FC

Rute itu berlaku pada Senin sampai Sabtu pada pukul 09.00 WIB hingga 17.00 WIB. Adapun pada Minggu, beroperasi pada pukul 09.00 WIB hingga 20.00 WIB. "Rute ini memperlihatkan perkembangan kota Jakarta sebagai Kota Metropolitan," ujar Budi.

Sementara untuk rute "Art and Culinary" khusus dioperasikan pada Sabtu mulai pukul 17.00 WIB hingga 23.00 WIB. Rute ini menjelajahi tempat-tempat wisata mulai Balai Kota hingga Kota Tua.

"Kami sediakan bus wisata malam untuk masyarakat Jakarta yang ingin jalan-jalan di malam minggu ke Kota Tua dan tempat-tempat makan. Kami sediakan sarana bus wisata yang nyaman, aman, bersih, dan informatif," ujar Budi.

Selain audio visual yang terintegrasi GPS, bus dilengkapi fasilitas pemandu wisata. Setiap penumpang juga akan dibagikan booklet gratis berisi informasi tentang rute dan jam operasi layanan.

Direktur Keuangan Tower Bersama Infrastructure, Helmy Yusman Santoso, mengatakan penyerahan bus yang merupakan wujud tanggung jawab sosial perusahaannya dilakukan untuk mendukung program wisata Pemerintah Provinsi DKI, "Enjoy Jakarta".

"Semoga semakin banyak masyarakat, terutama generasi muda dapat lebih banyak melakukan wisata ke tempat-tempat bersejarah, kemudian lebih mengenal dan mencintai budaya Indonesia," ujar Helmy. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya