Keluhan Warga Soal Jebolnya Tanggul Pantai Mutiara

Mobil-mobil mewah yang terendam banjir di Pantai Mutiara.
Sumber :
  • Herdi Muhardi/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Surutnya air laut pasca jebolnya tanggul di Perumahan Pantai Mutiara, Penjaringan, Jakarta Utara, membuat sejumlah warga kompleks elite tersebut mulai berbenah dan membersihkan rumah serta kendaraan.

Gerhana Bulan, Warga Jakarta Utara Bersiap Hadapi Banjir Rob

Menurut salah satu warga di Perumahan Pantai Mutiara, Hartono, meski air laut kerap memasuki wilayah perumahan itu, namun kali ini merupakan yang paling parah.

Kata Hartono, keluhan akibat banjir memang kerap disampaikan kepada pihak pengembang. Termasuk masalah tanggul-tanggul yang memisahkan air laut dan perumahan.

Waspada, Banjir Rob Bakal Terjadi Lagi di Pesisir Utara Jawa

"Pengembang enggak renovasi dari dulu, padahal banjir rob tiap tahun," keluhnya, Sabtu 4 Juni 2016.

Sementara menurut Kepala Kepala Pelaksanan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Denny Wahyu Haryanto, pihaknya telah melakukan sosialisasi terkait akan datangnya air pasang.

Tiga Kelurahan di Jakarta Utara Terdampak Banjir Rob

Bahkan, lanjut Denny, sosialiasi tidak hanya disampaikan kepada warga di Pantai Mutiara saja, namun juga di sejumlah wilayah di sekitar pesisir, mulai dari kawasan Angke hingga Cilincing.

"Kita punya tim media, mulai Facebook hingga Twitter. Dan pengumumannya juga melalui lurah-lurah. Jadi, saat air laut terpantau naik, kita share ke warga lewat lurah dan relawan-relawan di beberapa wilayah, untuk disampaikan kepada masyarakat," ujar Denny.

Banjir rob menggenangi kawasan Pasar Ikan Pejarungan Muara Baru Jakarta Utara.

PDIP Desak Heru Budi Kebut Pengerjaan Tanggul Atas Banjir Rob Jakarta

PDIP menyarankan agar Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono segera kebut membangun tanggul dengan kapasitas yang lebih tinggi daripada sebelumnya, atasi banjir rob

img_title
VIVA.co.id
28 Desember 2022