Dubes RI: Relawan Teman Ahok Tak Berpolitik di Singapura

Posko Teman Ahok di Pluit Village, Jakarta
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Rebecca Reifi Georgina

VIVA.co.id – Duta Besar Republik Indonesia untuk Singapura Ngurah Swajaya menegaskan, dua warga negara Indonesia yang menjadi relawan Teman Ahok, Amalia Ayuningtyas dan Richard Saerang, tidak melakukan kegiatan politik saat berada di Singapura. Dia juga menjelaskan bahwa keduanya tidak ditahan otoritas Singapura.

Teman Ahok Diminta Tak Seenaknya Salahkan KBRI Singapura

"Kedua WNI tidak melakukan kegiatan politik selama berada di Singapura. Mereka sudah mengklarifikasi maksud kedatangannya ke sini (Singapura) dan itu tidak ada hubungannya dengan kegiatan politik apa pun. Mereka bahkan belum sempat masuk, lalu diputuskan untuk segera kembali ke Jakarta," ujar Ngurah melalui pesan singkat kepada VIVA.co.id, Minggu, 5 Juni 2016.

Sebelumnya, di media sosial beredar kabar bahwa Amalia dan Richard sempat diisolasi dan diputuskan kontaknya dari dunia luar, bahkan tidak bisa ditemui KBRI. Namun, Dubes Ngurah juga membantah informasi tersebut.

Menkumham Hormati Ketegasan Singapura Usir 'Teman Ahok'

"Kabar tersebut tidak benar (WNI diisolasi dan diputus kontaknya)," kata Ngurah.

Melalui keterangan pers KBRI Singapura dijelaskan, Amalia dan Richard sebelumnya akan dipulangkan ke Jakarta dengan penerbangan terakhir pada Sabtu malam. Namun, karena kendala teknis, dipastikan keduanya akan kembali ke Tanah Air, Minggu pagi.

Ahok: Kalau Diusung PDIP Pasti Sama Djarot Dong

Pihak Fungsi Imigrasi dan Konsuler KBRI Singapura juga telah menemui keduanya pada Minggu pagi tadi, untuk membantu memfasilitasi kelancaran kepulangan mereka ke Indonesia. KBRI Singapura juga menyebutkan keduanya diberikan akomodasi dengan fasilitas dan pelayanan yang memadai.

Foto yang menampilkan antara pegiat media sosial bersama Kapolri Jenderal Tito Karnavian yang dituding khusus pendukung Ahok, Jumat (25/11/2016)

Siapa Netizen yang Foto Bareng Tito Karnavian

"Semua gambar kan bisa dibuat macam-macam di bawahnya."

img_title
VIVA.co.id
25 November 2016