Selama Ramadan, Dinas Sosial DKI Jaga Masjid dari Pengemis

Masjid Istiqlal
Sumber :
  • VIVA.co.id/Riska Herliafifah

VIVA.co.id – Dinas Sosial (Dinsos) Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menempatkan petugas Pelayanan, Pengawasan dan Pengendalian Sosial (P3S) di masjid-masjid bersejarah di Jakarta Pusat. Penempatan petugas tersebut untuk mencegah datangnya para Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) ke masjid tersebut.

Menteri Bahlil: Politik Sudah Selesai, Harus Saling Memaafkan

Masjid yang dijaga itu di antaranya Masjid Istiqlal, Masjid Sunda Kelapa, Masjid Cut Meutia. "Tim P3S memantau ketiga masjid tersebut baik siang, sore menjelang buka puasa, dan malam ketika salat tarawih. Sebenarnya tidak hanya tiga masjid tersebut, tetapi masjid yang lain," kata Kepala Sudin Sosial Kota Administrasi Jakarta Pusat Susana Budhi Susilowati dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 7 Juni 2016.

Sebenarnya, lanjut Susana, di setiap masjid sudah ada petugas keamanan yang menjaga, tetapi mereka tidak mampu untuk mengamankan PMKS yang bercokol di sana. "Mereka minta bantuan kepada kami berkolaborasi dalam mengamankan masjid dari PMKS, terutama pengemis," ujarnya.

Cerita Warga Hadiri Open House Jokowi: Motoran ke Istana dari Jam 1 Pagi, dan Boyong Sekeluarga

Dia mengimbau warga Jakarta untuk tidak memberi santunan kepada para PMKS agar kenyamanan dan keamanan Jakarta lebih kondusif.

"Sudah menjadi kewajiban pemerintah untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada pada jemaah yang mengunjungi masjid tersebut. Mereka datang jauh-jauh bahkan banyak di antara mereka menginap di Masjid Istiqlal," ujarnya.

Momen Jokowi-Ma'ruf Amin Salat Id di Istiqlal

Pada bulan suci Ramadan seperti sekarang ini, masjid-masjid bersejarah itu kerap dipenuhi jemaah. Mereka datang tidak hanya dari Jakarta tetapi juga dari luar daerah untuk ibadah maupun wisata religi.

(ren)

Bangkai mobil Gran Max yang kecelakaan di Km 58 Tol Cikampek

Terpopuler: Kisah Pilu Kakak Adik Korban Tol Cikampek, Pria Terobos Istana

Kisah kakak adik yang menjadi korban kecelakaan di Tol Cikampek masih menjadi perhatian luas dari pembaca di laman News VIVA pada Rabu 10 April 2024. Termasuk berita lain

img_title
VIVA.co.id
11 April 2024