Pelat RFS dan ke Rumah Sakit Jadi Alasan Masuk Jalur Busway

Sterilisasi jalur Transjakarta di Jalan Jatinegara Barat menuju Matraman.
Sumber :
  • Foe Peace

VIVA.co.id – Sterilisasi jalur bus Transjakarta mulai diberlakukan hari ini, Senin, 13 Juni 2016. Sterilisasi dilakukan agar jalur busway hanya boleh dilalui kendaraan evakuasi seperti ambulans dan pemadam juga untuk mobil dengan pelat RI.

Depe Bakal jadi Duta Tertib Busway, Ini Kata Bimbim Slank

Dari pantuan, jalur busway di Jalan Jatinegara Barat menuju ke arah Matraman terlihat steril. Sejumlah petugas dari Suku Dinas Perhubungan Jakarta Timur berjaga di depan pintu masuk jalur bus Transjakarta.

Mereka terlihat menghadang kendaraan-kendaraan, baik itu roda dua maupun roda empat, yang mencoba menerobos memasuki jalur busway. Tak perduli itu kendaraan pribadi atau kendaraan umum, sampai kendaraan pejabat berpelat RFS tidak diperbolehkan masuk jalur busway.

"Kami sudah jaga sejak pukul 06.30. Secara umum, tidak ada (yang lewat jalur busway) baik itu kendaraan umum, pribadi atau mobil pejabat dengan pelat RFS," kata salah satu anggota Suku Dinas Perhubungan Jakarta Timur, Suwanto, kepada VIVA.co.id, di lokasi, Senin, 13 Juni 2016.

Meski begitu, Suwanto tak memungkiri masih ada saja beberapa pengendara yang coba meminta izin pada mereka untuk melewati jalur busway dengan berbagai alasan.

"Dia bilang mau antar keluarganya ke rumah sakit buru-buru. Tapi tidak kami kasih, kalau mau lewat kami foto mobilnya untuk bukti pengendara ini menerobos. Setelah kami mau foto, pengendara tidak jadi lewat busway," kata Suwanto.

Seperti diketahui, Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama menyatakan jalur bus TransJakarta (busway) sudah bisa dipergunakan untuk jalur evakuasi dan kendaraan tertentu milik petinggi negara. Menurut Ahok, hak diskresi atas busway hanya diberikan kepada beberapa kendaraan saja, antara lain mobil pemadam kebakaran, mobil ambulans, dan mobil yang menggunakan pelat nomor RI.

Jika Benar, Dirlantas Siap Tindak Polisi Kawal Dewi Perssik
Mobil mewah berpelat B 1 UNO menerobos jalur bus TransJakarta beberapa waktu lalu.

B 1 UNO Terobos Busway, Sandiaga: Bukan Gue Banget

Dia mengaku tidak memiliki plat dengan nomor itu.

img_title
VIVA.co.id
19 Desember 2017