Cara Teman Ahok Pastikan Keaslian KTP Dukungan

Rekapitulasi KTP di Markas Teman Ahok.
Sumber :
  • Syaefullah - VIVA.co.id

VIVA.co.id – Hari ini, relawan Teman Ahok mulai menghitung ulang dan verifikasi data satu juta Kartu Tanda Penduduk (KTP) dukungan untuk Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI 2017.

Teman Ahok Beri Ultimatum ke Basuki Tjahaja Purnama

Koordinator Teman Ahok, Amalia Ayuningtyas mengatakan, proses rekapitulasi data dukungan KTP dengan cara dihitung secara kasat mata oleh para relawan. "Data dukungan SIM (Surat Izin Mengemudi) dan KTP dipisahkan serta dicek kualitasnya," kata Amalia, Rabu, 29 Juni 2016.

Kemudian, setelah proses penghitungan data dukungan KTP usai, relawan Teman Ahok akan memastikan keaslian dukungan, dengan cara menelepon langsung pemilik KTP dukungan untuk Ahok.

Teman Ahok Minta Basuki Konsisten Maju di Jalur Independen

Tapi, menurut Amalia, relawan tidak akan menelepon satu juta pemilik KTP. Relawan hanya menelepon pemilik KTP secara acak dalam jumlah tertentu saja.

"Akan ditelepon secara random, alasannya karena keterbatasan sumber daya manusia," kata Amalia.

Relawan KTP 'Pasrah' Ahok Maju Lewat Parpol

Menurut Amalia, setelah itu, proses selanjutnya, formulir dukungan untuk Ahok akan dilakukan scanner data dan langsung di-input ke gudang data Teman Ahok. "Sehingga tidak ada KTP ganda, KTP lumayan bersih (valid)," katanya.

Dengan demikian, kata Amalia, total semua relawan yang melakukan rekapitulasi KTP jumlahnya 140 orang relawan.

Ilustrasi Pilkada serentak 2020.

KPU Agam Batasi Peserta Rekapitulasi Perolehan Suara

KPU Agam bakal membatasi peserta yang hadir pada rapat rekapitulasi penghitungan suara dan penetapan hasil Pilgub dan Pilbup.

img_title
VIVA.co.id
14 Desember 2020