Libur Lebaran, KRL Tak Kurangi Jumlah Perjalanan

Suasana di Stasiun Depok Baru
Sumber :

VIVA.co.id – Meski sudah memasuki pekan liburan Hari Raya Idul Fitri, PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) memastikan tidak akan mengurangi jadwal perjalanan Commuter Line, karena memperkirakan jumlah pengguna kereta tidak akan jauh berbeda dari hari biasa.

RSUD Smart Pamekasan Larang Nakes Cuti Antisipasi Lonjakan Pasien Pasca Libur Lebaran

Menurut Eva Chairunisa, VP Komunikasi Perusahaan PT KCJ, ini bentuk pelayanan KCJ bagi masyarakat yang ingin mudik, maupun berlibur di sekitar wilayah Jabodetabek.

"Saat ini, PT KCJ mengoperasikan 898 perjalanan KRL per hari, dengan menggunakan 75 rangkaian KRL yang terdiri dari rangkaian dengan formasi 12 kereta, 10 kereta, dan delapan kereta. Dengan frekuensi perjalanan dan kekuatan armada tersebut, PT KCJ dapat melayani rata-rata 885.642 penumpang setiap harinya. Jumlah ini, diperkirakan tidak akan banyak berubah pada masa Lebaran tahun ini," kata Eva dalam siaran pers yang diterima VIVA.co.id, Senin 4 Juli 2016.

Intip Wahana Baru Rivera Edutainment Park Bogor, Serunya Kumpul Keluarga Sambil Outbound

Menurutnya, saat liburan, karakteristik mobilitas pengguna KRL akan berbeda. Umumnya, pengguna akan lebih memadati stasiun di dekat lokasi wisata, seperti Stasiun Bogor, Jakarta Kota, dan Ancol. 

"Khusus untuk Ancol, stasiun ini telah kembali melayani dan menjadi tempat KRL singgah mulai 25 Juni 2016 lalu," jelasnya. 

Naik Drastis! Ada 1,2 juta Orang Naik Angkutan Umum di Hari Terakhir Libur Lebaran

Di Stasiun ini, mulai 6 hingga 10 Juli 2016 nanti, akan tersedia bus untuk ke kawasan Taman Impian Jaya Ancol. "Jadwalnya menyesuaikan dengan jadwal kedatangan KRL," kata Eva.

Tak lupa, karena pada liburan ini akan lebih banyak pengguna KRL yang bukan penumpang rutin, PT KCJ juga mengimbau, agar selalu mengutamakan keselamatan dan keamanan. Hal ini meliputi menunggu KRL di belakang garis kuning aman peron, mendahulukan penumpang yang turun, dan tidak perlu memaksakan diri untuk naik ke kereta jika sudah penuh. "Jarak antarkereta saat ini hanya 5 sampai dengan 10 menit," ucapnya. (asp)

Pemkot Tangsel angkut ratusan ton sampah selama libur Lebaran Idul Fitri.

Angkut Ratusan Ton Sampah saat Libur Lebaran, Pemkot Tangsel Catat Ada Kenaikan 10 Persen

Peningkatan sampah di Tangsel itu ditaksir sekitar 40-50 ton setiap harinya selama libur Lebaran Idul Fitri.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024