Hujan Berpotensi Guyur Bogor dan Depok Saat Lebaran

Mengemudi saat hujan. Foto spion mobil.
Sumber :
  • REUTERS/Mike Blake

VIVA.co.id – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi, wilayah Bogor dan Depok akan diguyur hujan saat perayaan Idul Fitri 1437 Hijriah, Rabu 6 Juli 2016.

Arus Balik Lebaran Selama 3 Hari Dimulai Selasa 19 Juni

Kepala Bidang Layanan Informasi BMKG, A Fachri Radjab mengatakan, Bogor dan Depok berpotensi diguyur hujan dengan intensitas ringan dan sedang. Hujan diperkirakan turun dari siang, sore hingga malam hari.

Untuk pagi hari, pada saat pelaksanaan Salat Idul Fitri, BMKG memprediksi cuaca hanya berawan, tak ada potensi hujan akan turun.

Begini Aktivitas Lebaran di Balik Rutan Cilodong

"Pada saat pelaksanaan Salat Idul Fitri relatif berawan saja, tidak ada potensi hujan. Mungkin yang perlu diwaspadai siang hingga sore. Kalau sore di Jabodetabek itu di selatan, Bogor dan Depok potensial hujan, sore hingga malam, ringan dan sedang," kata Fachri di Posko Angkutan Lebaran Nasional Terpadu, Kementerian Perhubungan, Selasa, 5 Juli 2016.

Sementara itu, untuk wilayah di luar Jawa, daerah yang perlu diwaspadai di antaranya, Sulawesi Selatan dan Papua. Sebab, hujan diprediksi turun pada siang hingga sore hari.

Berasa Nostalgia, Niall Horan Bawakan Lagu One Direction "Night Changes" pada konsernya di Jakarta

"Kalau di luar Jawa, Sulsel kemudian di Papua ada juga, siang hingga sore," ujar dia.

Tak hanya hujan, gelombang tinggi hingga ketinggian dua setengah hingga empat meter juga diprediksi terjadi di sejumlah wilayah laut Indonesia, seperti di perairan barat Sumatera, barat Bengkulu, barat Lampung, Selatan Jawa, dan Nusa Tenggara Barat.

"Selat Sunda aman, dua selat relatif masih aman untuk operasional penyeberangan. Selat Sunda satu setengah hingga dua meter, Selat Bali juga relatif aman, laut lepas Samudera Hindia yang agak tinggi," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya