LP Cipinang Tak Kalah Ramai Saat Lebaran

Binaan Lapas Cipinang bermarawis.
Sumber :
  • Anwar Sadat / VIVA.co.id

VIVA.co.id – Momentum Lebaran digunakan untuk saling bersilaturahmi antara sanak saudara, tanpa terkecuali. Bahkan, penghuni Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Cipinang, Jakarta Timur, turut ramai kunjungan oleh sanak saudara penghuni tahanan.

VIDEO: Ahmad Dhani Bebas dan Berkonvoi Lalu Berorasi

Terhitung pada Jumat 8 Juli 2016, Kepala Rumah Tahanan (Karutan) Cipinang, Asep, mengatakan, sebanyak 7.842 pembesuk tahanan mengunjungi Lapas Cipinang.

"Selama dua hari Lebaran, kami menghitung total ada 7.842 pembesuk. Di hari pertama Lebaran bahkan sudah menembus 3.800 orang. Sementara di hari kedua Lebaran makin meningkat menjadi 4.042 pembesuk," kata Asep saat dikonfirmasi.

Napi Lapas Cipinang Ditemukan Tewas Gantung Diri

Ia mengatakan, sejak pagi hingga siang, Lapas Cipinang masih membeludak oleh masyarakat yang ingin membesuk dengan niat berlebaran dengan anggota keluarganya yang kini di bui.

"Kalau untuk hari ini, total pembesuknya saya belum tahu. Sore hari bisa kami rekap. Memang benar, sejak pagi hingga siang ini masih membludak pembesuk. Kebanyakan dari mereka memang bertujuan untuk berlebaran dengan anggota keluarganya yang hingga kini menjalani hukuman," jelasnya.

Penyebab Napi LP Cipinang Ribut

Kejadian seperti ini, lanjut Asep, sudah berlangsung selama tiga hari, termasuk hari ini. Mengatasi membeludaknya pembesuk, pihaknya dibantu Satuan Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat. Pihaknya juga mengerahkan sebanyak 117 personel.

"Mengatasi kesemrawutan atau terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan, kami dibantu oleh Satuan Brimob Kelapa Dua, Depok dan Polres Jakarta Timur, dan mengerahkan 117 personel dari petugas keamanan di sini (Lapas Cipinang). Hal seperti ini sebenarnya sudah menjadi momentum yang biasa terjadi setiap tahunnya," ujarnya.

Irjen Napoleon Bonaparte saat menjalani sidang pengadilan red notice.

Irjen Napoleon Bonaparte Dipindah ke LP Cipinang

Irjen Napoleon Bonaparte akhirnya dipindah ke Lembaga Pemasyarakatan (LP) Cipinang dari Rumah Tahanan Bareskrim.

img_title
VIVA.co.id
17 November 2021