Empat Pompa Air Waduk Pluit Rusak Total

Pintu Air Waduk Pluit di Jakarta Utara
Sumber :
  • VIVA.co.id / Danar Dono

VIVA.co.id – Empat dari sepuluh unit pompa air yang ada di pintu air Waduk Pluit, Jakarta Utara, mengalami kerusakan total. "Keempat pompa itu berada di bagian tengah pintu air," ujar Joko, koordinator Waduk Pluit, di Jakarta, Kamis, 14 Juli 2016.

Cerita Ahok Dikibuli Anak Buah Saat Benahi Waduk Pluit

Joko menjelaskan, kerusakan tersebut terjadi sejak awal Januari 2016. Hingga saat ini, instansi terkait belum memperbaiki pompa-pompa itu. Ia berharap, pemerintah dapat segera memperbaiki keempat pompa tersebut.

"Belum ada sampai sekarang perbaikan dari pemerintah. Mungkin pada enggak tahu," jelas Joko

Ahok Klaim Bakal Bayar Rp200 Juta Perbaiki Pompa Pluit

Pompa pintu air Waduk Pluit merupakan pompa air yang berperan cukup vital untuk meminimalisasi genangan air di DKI, khususnya di wilayah pesisir Jakarta.

Pintu air ini berlokasi tak jauh dari lingkungan tempat tinggal Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

Ahok Yakin Waduk Pluit Disabotase

Sebelumnya, pada 1 Februari 2016, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengemukakan 21 pompa yang lokasinya ada di sekitar Waduk Pluit, Jakarta Utara, tersumbat sampah. Akibatnya pompa tidak berfungsi optimal menyedot genangan air.

Saat itu, Kepala Dinas Tata Air Teguh Hendrawan juga mengemukakan, terdapat 47 mesin pompa yang rusak di DKI Jakarta. Jumlah itu merupakan 10 persen dari total 451 mesin pompa yang dimiliki DKI di 150 rumah pompa di lima wilayah Jakarta.

Banjir Jakarta

Banjir Jakarta Selesai, Pompa Air Baru Akan Dioperasikan

Pemerintah Provinsi DKI siap mengoperasikan minimal 450 pompa air.

img_title
VIVA.co.id
14 Januari 2020