Pintu Cagub PDIP Masih Terbuka untuk Ahok

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama.
Sumber :
  • Instagram @Basukibtp

VIVA.co.id – Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri telah mengantongi enam nama calon Gubernur DKI Jakarta 2017, yang telah lolos melalui berbagai tahapan penjaringan. Namun, hingga saat ini, Mega belum mengumumkan keenam nama tersebut.

Alasan Ahok Tak Hadir di Sekolah Politik PDIP

Selain enam nama yang bukan merupakan kader partai, ada dua internal partai yakni, Djarot Saiful Hidayat dan Boy Sadikin.

"Mereka tidak mendaftar, tapi mereka diusulkan dari tingkat bawah. Bu Risma atau Pak Ganjar tidak diusulkan dan tidak mendaftar. Tapi partai bisa memberikan penugasan," kata Sekretaris Fraksi PDIP Gembong Warsono di kantor DPRD DKI Jakarta, Jumat, 22 Juli 2016.

Sandiaga Tak Khawatir Jika PDIP Dukung Ahok

Gembong mengatakan, dalam proses penyeleksian, partai moncong putih itu bekerja sama dengan Himpunan Survei Indonesia (HIMSI), hingga menghasilkan keenam nama tersebut.

"Kan dari 40 pendaftar, 34 lolos administrasi, kemudian hanya 27 yang mengikuti test. Dari hasil tes itu lah sekarang ada enam nama yang lolos. Itu berdasarkan rekomendasi HIMSI. Kemudian ditambah ada dua dari internal partai, itu beda," ujar Gembong

Sekjen PDIP: Ahok Jangan Jadi Pemimpin Pemecah Belah

Selanjutnya DPP PDIP akan melakukan pendalaman kepada keenam nama tersebut, untuk melihat lebih jauh bagaimana mereka di mata masyarakat, "Setelah ini DPP akan melakukan pendalaman dengan melempar mereka ke masyarakat, nanti kita lihat seperti apa," katanya.

Dari keenam nama tersebut, belum dapat dipastikan apakah Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok termasuk di dalamnya. Namun, PDIP tidak menutup kemungkinan bahwa Ahok dapat diusung.

"Saya enggak tahu. Yang jelas Ahok cuma bisa maju kalau daftar. DPP masih bisa, pintu DPP masih terbuka, kapan tutupnya hanya DPP yang tahu," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya